PENGEMBANGAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN COMFORT PADA IBU POST SECTIO CAESARIA DALAM PELAKSANAAN IMD DI RUMAH SAKIT

SESTU RETNO DWI ANDAYANI, 101317087312 (2017) PENGEMBANGAN MODEL ASUHAN KEPERAWATAN COMFORT PADA IBU POST SECTIO CAESARIA DALAM PELAKSANAAN IMD DI RUMAH SAKIT. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI SESTU RETNO DWI ANDAYANI 101317087312.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) pada persalinan secara sectio caesaria (SC) jarang sekali dilaksanakan. Hal ini disebabkan karena rasa nyeri akibat luka operasi, pengaruh anastesi, ketidaknyamanan ibu, dan belum keluarnya ASI setelah operasi. Tujuan penelitian menyusun model asuhan keperawatan comfort pada ibu pasca SC dalam pelaksanaan IMD. Metode: Desain eksplanasi dengan populasi ibu pasca SC di RSUD Kabupaten Jombang dan RSUD Kota Madiun pada bulan Februari sampai Mei 2016. Besar sampel 282 dengan tehnik total sampling. Variabel penelitian faktor ibu, faktor ayah, faktor bayi, faktor provider, faktor health care need, faktor nursing intervention, faktor comfort dan faktor pelaksanaan IMD. Pengujian dengan PLS. Tahap kedua quasi eksperimen. Populasi ibu SC di RSUD Kabupaten Jombang sebagai kelompok perlakuan dan RSUD Kota Madiun sebagai kelompok control. Hasil dan analisis: semua variabel berpengaruh( baik langsung maupun tidak langsung) terhadap pelaksaanaan IMD, dengan nilai t = > 1.96. Uji Ttest menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan pelaksanaan IMD pada ibu post SC antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Temuan baru adalah adanya peningkatan pelaksanaan IMD pada ibu post SC jika dilakukan asuhan keperawatan comfort. Kesimpulan : keadaan kesehatan ibu, dukungan suami, reflek bayi dan provider sangat mempengaruhi keberhasilan IMD pada ibu post SC. Kondisi ibu yang baru saja operasi sangat tidak nyaman, sehingga ibu memerlukan bantuan perawat dan bidan untuk menciptakan rasa nyaman tersebut. Rekomendasi: Tehnik relaksasi dan distraksi perlu diajarkan pada ibu yang sedang menjalani SC agar bisa memberikan rasa nyaman pada ibu, sehingga ibu bisa melaksanakan IMD.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 08/17 And p
Uncontrolled Keywords: Keperawatan comfort, SC, IMD
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SESTU RETNO DWI ANDAYANI, 101317087312UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof. Dr.H.,M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 17:32
Last Modified: 23 Oct 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64508
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item