OPLEIDING SCHOOL VOOR INLANDSCHE AMBTENAREN (OSVIA): “PENDIDIKAN BAGI CALON PEJABAT PRIBUMI DI MADIUN TAHUN 1900-1938”

Riski Putri Utami, 121311433013 (2017) OPLEIDING SCHOOL VOOR INLANDSCHE AMBTENAREN (OSVIA): “PENDIDIKAN BAGI CALON PEJABAT PRIBUMI DI MADIUN TAHUN 1900-1938”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS Sej 38-17 Uta o Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS Sej 38-17 Uta o Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Opleidings Scholen voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA): Pendidikan Bagi Calon Pejabat Pribumi di Madiun tahun 1900-1938. Latar belakang penulisan ini karena OSVIA Madiun merupakan sekolah pelatihan bagi para priyayi untuk menjadi pegawai pemerintahan pribumi dibawah kendali pemerintah kolonial Belanda sehingga menjadi satu-satunya sekolah untuk mencetak para pegawai pangreh praja di Madiun. penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yakni heuristik, verifikasi sumber, interpretasi, dan historiografi. Penulis dalam penelitian ini mengandalkan metode penelitian deskriptif sejarah pendidikan dan sosial dalam penulisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OSVIA hadir karena adanya kepentingan pemerintah kolonial Belanda untuk mencetak tenaga kerja terdidik dalam korps pegawai pemerintahan yang digaji murah. Kebutuhan pemerintah akan tenaga pegawai pemerintah seiring dengan masuknya pengaruh kekuasaan kolonial di kota-kota kabupaten. Akhir abad ke-19 merupakan awal mula dari terbentuknya golongan pengreh praja seiring dengan dimulainya politik kekuasaan kolonial Belanda di wilayah yang berbasis keraton di Pulau Jawa. Pada 15 Januari 1913, no. 70, keluar surat keputusan dari Direktur Pendidikan, Agama dan Kerajinan yang merencanakan pembukaan sekolah kepegawaian pemerintah Belanda bagi kelompok pribumi di Madiun. Diberlakukannya pendirian sekolah tersebut mendapat reaksi yang cukup besar, mulai dari menimbulkan perbedaan kepentingan dari berbagai pihak, reaksi yang terjadi berupa, adanya diskriminasi pendidikan bagi kaum priyayi dan pribumi biasa, adanya perselisihan antara priyayi lama dengan priyayi baru, adanya perubahan sosial dalam kehidupan priyayi baru. Di lain pihak, OSVIA menjadi pembatas antara golongan pribumi karena perbedaan status sosial dalam masyarakat. Namun di sisi lain, kehadiran sekolah tersebut justru membawa kebaikan bagi kaum priyayi karena dapat memberikan pendidikan, sehingga keberadaan mereka menjadi bermanfaat bagi kaum pribumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.Sej.38/17 Uta o
Uncontrolled Keywords: Priyayi, Pendidikan, Perubahan Sosial.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > DS633-644.46 History
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Riski Putri Utami, 121311433013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShinta Devi Ika Santhi Rahayu, S.S., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Dec 2017 21:59
Last Modified: 19 Dec 2017 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item