ANALISIS KESESUAIAN SISTEM SYARIAH PEMBIAYAAN MULIA PADA PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PEGADAIAN SYARIAH KABUPATEN JEMBER)

ERFINDA MUSTIKA DEWI, 041311433095 (2017) ANALISIS KESESUAIAN SISTEM SYARIAH PEMBIAYAAN MULIA PADA PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PEGADAIAN SYARIAH KABUPATEN JEMBER). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FEB EI 93-17 Dew a Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 93-17 Dew a Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian syariah pembiayaan mulia pada pegadaian syariah. Beberapa hal yang perlu ditinjau kembali adalah mengenai proses pemberian harga dan proses pelelangan yang sesuai syariah. Karena resiko tertunggaknya angsuran dan harus dilakukan pelelangan jaminan, perlu dilihat kembali mengenai mekanisme pelelangan dan pemberian harga pembiayaan mulia pada pegadaian syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus secara deskriptif. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pegadaian syariah kabupaten Jember dengan dua unit layanan gadai syariah yang berada di Jember. Wawancara dilakukan dengan 4 responden di mana responden adalah Kepala Cabang Pegadaian Syariah kabupaten Jember, Pengelola unit layanan gadai syariah Karimata Jember, pengelola unit layanan gadai syariah KH. Siddiq Jember dan satu nasabah mulia pegadaian syariah. Hasil penelitian akad dianalisis menggunakan penjodohan pola untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan pada observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti mengenai pembiayaan MULIA yang terjadi pada pegadaian syariah. Hasil yang didapat oleh peneliti bahwa operasional pembiayaan MULIA yang terjadi pada pegadaian syariah kabupaten Jember telah 100% sesuai dengan aturan fatwa DSN-MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah, fatwa DSN-MUI No: 77/DSN-MUI/IV/2010 tentang Jual-beli emas secara tidak tunai dan fatwa DSN-MUI No: 25/DSN-MUI/III/2002 tentang Rahn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB.EI.93/17 Dew a
Uncontrolled Keywords: Pegadaian Syariah, jual-beli emas, fatwa DSN-MUI, Kesesuaian Syariah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ERFINDA MUSTIKA DEWI, 041311433095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunan Fanani, S.Ag., M.Pd.IUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Dec 2017 22:26
Last Modified: 19 Dec 2017 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64597
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item