PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR TERHADAP NIAT BERINFAQ PEDAGANG MUSLIM PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN TANDES KOTA SURABAYA

RIFKI FAJAR SUBEKHI, 041311433141 (2017) PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR TERHADAP NIAT BERINFAQ PEDAGANG MUSLIM PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN TANDES KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FEB EI 98-17 Sub p Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 98-17 Sub p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dan Theory of Planned Behaviour terhadap niat berinfaq pedagang muslim pasar tradisional di kecamatan Tandes kota Surabaya. Pengambilan data primer dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dengan sampel penelitian 50 pedagang muslim di pasar yang berada di kecamatan Tandes kota Surabaya. Karakteristik pedagang adalah pedagang yang beragama muslim dan secara aktif serta menetap berjualan di pasar tradisional kecamatan Tandes kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel adalah non propability sampling dengan accidental dan purpossive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Variable endogen dalam penelitian ini adalah niat berinfaq, sedangkan variable eksogen yang digunakan yaitu tingkat religiusitas dan bagian dari Theory of Planned Behaviour yang terdiri dari sikap, norma subyektif, dan Perceived Behaviour Control. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial tingkat religiusitas, sikap, Perceived Behaviour Control, dan norma subyektif berpengaruh signifikan terhadap niat berinfaq pedagang muslim pasar tradisional di kecamatan Tandes kota Surabaya. Saran bagi penelitian selanjutnya agar menambah lingkup subyek penelitian seperti pengusaha muslim atau wirausaha muslim yang bergerak di bidang perdagangan dan menggunakan variabel lain diluar variabel penelitian karena patut diduga masih ada beberapa variabel lain yang dapat mempengaruhi niat berinfaq seperti kepercayaan dan motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB.EI.98/17 Sub p
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Theory of Planned Behaviour, Niat, Infaq, Pedagang
Subjects: K Law > KB Religious law in general
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
RIFKI FAJAR SUBEKHI, 041311433141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirin Tri Ratnasari, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Dec 2017 22:35
Last Modified: 19 Dec 2017 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item