PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN ETHICAL CLIMATE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pegawai Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya)

DYAH RATNA WIDYASTUTI, 041411223024 (2017) PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN ETHICAL CLIMATE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pegawai Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.230.17 . Wid.p - ABSTRAK.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.230.17 . Wid.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku sumber daya manusia didalam organisasi turut menentukan keberhasilan suatu organisasi itu sendiri. Organisasi yang sukses membutuhkan karyawan yang mampu melakukan lebih dari sekedar tugas formal mereka dan mau memberikan kinerja yang melebihi harapan (organizational citizenship behavior).Selanjutnya untuk menentukan nasib sebuah perusahaan apakah tujuan dari perusahaan tersebut bisa tercapai atau tidak serta kehidupan karyawan dapat terjamin atau tidak nantinya maka pemimpin yang kuat memiliki pengaruh yang besar dalam dua hal tersebut.Salah satu kepemimpinan yang penting adalah kepemimpinan yang beretika (ethical leadership). Sedangkan untuk menciptakan perilaku karyawan yang sesuai dengan yang diharapkan selain faktor pemimpin maka faktor lainnya yang menentukan adalah iklim etika (ethical climate). Penelitian ini dilakukan pada pegawai non medis Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antara ethical leadershipterhadap organizational citizenship behavior melalui ethical climate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 53 pegawai non medis dengan teknik probabilty sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least square (PLS). Hasil pada penelitian ini membuktikkan bahwa ethical leadership mempunyai pengaruh terhadap ethical climate, ethical climate terbukti mempunyai pengaruh terhadap organizational citizenship behavior, ethical leadership tidak terbukti mempunyai pengaruh terhadap organizational citizenship behavior dan ethical climate terbukti memediasi hubungan antara ethical leadership terhadaporganizational citizenship behavior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.230/17 Wid p
Uncontrolled Keywords: Ethical leadership, organizational citizenship behavior, ethical climate.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ71-1185 History and Systems (including individual ethical philosophers)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DYAH RATNA WIDYASTUTI, 041411223024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom (OrgCh)., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 15:47
Last Modified: 17 Jan 2018 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item