DAMPAK AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN AKUISITOR (Perusahaan Manufaktur dan Jasa Non Keuangan yang Melakukan Akuisisi dan Terdaftar di BEI Periode 2008-2011)

NURLI AMALIA JAMIL, 040912206 (2017) DAMPAK AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN AKUISITOR (Perusahaan Manufaktur dan Jasa Non Keuangan yang Melakukan Akuisisi dan Terdaftar di BEI Periode 2008-2011). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.287.17 . Jam.d - ABSTRAK.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.287.17 . Jam.d - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan akuisitor pada industri manufaktur, dan jasa non keuangan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi periode 2008-2011. Metode yang digunakan adalah uji beda paired t-test dan wilcoxon rank test dengan menggunakan empat rasio keuangan yaitu rasio likuiditas yang diwakili oleh current asset (CR), rasio solvabilitas yang diwakili oleh time interest earned (TIE), rasio profitabilitas yang diwakili oleh net profit margin (NPM), gross profit margin (GPM), return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan rasio aktivitas yang diwakili oleh total asset turnover (TATO) lima tahun sebelum dan sesudah peristiwa akuisisi. Total terdapat sepuluh perusahaan sampel yang melakukan akuisisi pada periode penelitian yang akan dianalisis perbedaan kinerja keuangannya antara lima tahun sebelum dan lima tahun setelah akuisisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada rasio likuiditas yang diwakili oleh current asset (CR) meningkat namun tidak signifikan, rasio solvabilitas time interest earned (TIE) mengalami penurunan namun tidak signifikan, rasio profitabilitas net profit margin (NPM), return on asset (ROA), return on equity (ROE) menurun namun tidak signifikan, dan rasio gross profit margin (GPM) dan total asset turnover (TATO) menurun signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.287/17 Jam d
Uncontrolled Keywords: Merger dan akuisisi, perusahaan akuisitor, current ratio, time interest earned, net profit margin, gross profit margin, return on asset, return on equity, total asset turnover.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NURLI AMALIA JAMIL, 040912206UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoni Budiarjo, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:32
Last Modified: 17 Jan 2018 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64776
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item