PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DIMEDIASI OLEH LEADER MEMBER EXCHANGE (LMX) (Studi Pada Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya)

ANISA ARMY PRATIWI, 041411223076 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DIMEDIASI OLEH LEADER MEMBER EXCHANGE (LMX) (Studi Pada Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.290.17 . Pra.p - ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.290.17 . Pra.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kinerja karyawan yang baik dan optimal akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Agar karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien diperlukan peranan pemimpin yang tepat dalam memajukan perusahaan dan memahami peran bawahan mereka. Melalui kepemimpinan transformasional ada suatu keterikatan yang positif antara atasan dan bawahan, sehingga kualitas hubungan antara atasan dan bawahannya yang disebut dengan leader member exchange akan mempengaruhi bagaimana seorang pimpinan berinteraksi dengan karyawannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi dan penyebaran kuesioner terhadap seluruh pegawai di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini merupakan pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya yang berjumlah 45 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode acak (random) sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dan Sobel Test untuk menguji efek mediasi dari Leader Member Exchange. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Leader Member Exchange, dan Leader Member Exchnge berpenaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Leader Member Exchange terbukti mampu memediasi secara signifikan hubungan Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan dan termasuk jenis mediasi penuh. Hasil akhir menunjukkan bahwa Leader Member Exchange dapat memperkuat hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dengan Kinerja Karyawan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.290/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Leader Member Exchange, Kinerja Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ANISA ARMY PRATIWI, 041411223076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Prof. Dr. SE. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:33
Last Modified: 17 Jan 2018 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item