KEMAMPUAN BERFONOLOGIS SISWA DENGAN PENYERTA TUNARUNGU DALAM BERBAHASA DI SEKOLAH INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA: ANALISIS PSIKOLINGUISTIK

MOCHAMAD RUDIANSYAH, 121011047 (2017) KEMAMPUAN BERFONOLOGIS SISWA DENGAN PENYERTA TUNARUNGU DALAM BERBAHASA DI SEKOLAH INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA: ANALISIS PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 61-17 Rud k Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 61-17 Rud k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang kemampuan fonologis siswa dengan penyerta tunarungu di Sekolah Galuh Handayani Surabaya ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bicara siswa secara fonologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik simak dan catat. Analisis yang digunakan pada penelitian ini berlandaskan pada kajian fonologi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan fonologis siswa berbeda tergantung pada tingkat pendengarannya. Perbedaan yang ditemui yaitu pelafalan fonem. Secara umum siswa tunarungu sebagian besar tidak dapat mengujarkan fonem /r/ atau melesapkan fonem /r/, mengganti fonem /r/ menjadi fonem /l/, awalan atau prefiks tidak dapat diujarkan, ketika diujarkan pun mengalami kekurangan pada fonem tertentu, dan apabila terdapat fonem konsonan yang berada diantara vokal dan konsonan, siswa tunarungu tidak dapat mengujarkan fonem konsonan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.61/17 Rud k
Uncontrolled Keywords: kemampuan fonologis, siswa tunarungu, fonologi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD RUDIANSYAH, 121011047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBea Anggraini, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:23
Last Modified: 29 Dec 2017 00:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65550
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item