PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI PT. X INDONESIA, MOJOKERTO

FAJAR AJI TRIYATMOKO, 151411713050 (2017) PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI PT. X INDONESIA, MOJOKERTO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.12 17 Tri p.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.12 17 Tri p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebakaran adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan karena dapat menyebabkan kerugian dan korban. Salah satu cara untuk menanggulangi kebakaran adalah dengan menyusun suatu sistem tanggap darurat. Tujuan dari sistem tanggap darurat kebakaran adalah untuk membentuk kondisi aman dan nihil kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari sistem tanggap darurat kebakaran di PT. X Indonesia. Variabel yang diteliti yaitu : kebijakan, prosedur, organisasi, komunikasi, pelatihan simulasi dan sistem pencegahan dan penanggulangan tanggap darurat kebakaran yang meliputi sistem proteksi aktif dan pasif. Penelitian ini termasuk penelitian observasional, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Dari segi analisis data merupakan penelitian deskriptif dengan cara membandingkan data hasil observasi dan wawancara dengan Permenaker 186/MEN/1999, Permen PU No. 20/PRT/M/2009, Permen PU No. 26/PRT/M/2008, SNI serta NFPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen tanggap darurat di PT. X Indonesia secara umum sudah sesuai yang meliputi prosedur, organisasi, komunikasi dan simulasi tanggap darurat. Sedangkan kebijakan khusus tanggap darurat belum ditetapkan. Pemenuhan sistem proteksi di PT. X Indonesia memiliki rata-rata 85% untuk proteksi aktif dan 80,5% untuk proteksi pasif. Sistem proteksi aktif dikategorikan baik, artinya sudah terpasang sesuai persyaratan dan sistem proteksi pasif (sarana meloloskan diri) dikategorikan baik, artinya sudah terpasang sesuai persyaratan. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk menyusun kebijakan khusus mengenai tanggap darurat, melengkapi sistem proteksi aktif dan pasif yang belum tersedia serta dilakukan pemeliharaan terhadap sarana yang telah tersedia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.12/17 Tri p
Uncontrolled Keywords: Sistem tanggap darurat, kebakaran, manajemen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
FAJAR AJI TRIYATMOKO, 151411713050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Nov 2017 16:56
Last Modified: 02 Nov 2017 18:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65581
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item