LAKON RABINE ANTASENA DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DUSUN RANDUSONGO KECAMATAN WRINGINANOM KABUPATEN GRESIK: ANALISIS STRUKTUR NARATIF MARANDA DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PENDUKUNGNYA

ELLY RAHELIYAWATI, 121311133069 (2017) LAKON RABINE ANTASENA DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DUSUN RANDUSONGO KECAMATAN WRINGINANOM KABUPATEN GRESIK: ANALISIS STRUKTUR NARATIF MARANDA DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PENDUKUNGNYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 83-17 Rah i Abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 83-17 Rah i Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. Pertama, bertujuan untuk mendokumentasikan wayang kulit lakon Rabine Antasena dalam tradisi Sedekah Bumi Dusun Randusongo, Desa Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik. Kedua, mengungkap struktur naratif Maranda lakon Rabine Antasena. Ketiga, mengungkap fungsi tradisi sedekah bumi dan wayang kulit lakon Rabine Antasena bagi masyarakat pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sastra lisan. Teknik pengumpulan data terdiri dari tahap prapenelitian, penelitian di tempat, dan pembuatan naskah folklore bagi pengarsipan. Data yang didapatkan dari tahap pengumpulan tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik yang mencakup model analisis interaktif dengan komponen reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori struktur naratif Maranda digunakan untuk mengungkap unsur intrinsik lakon Rabine Antasena. Teori tersebut mengungkap alur, tema, tokoh, dan amanat. Unsur lain yang diungkap dalam lakon Rabine Antasena, di antaranya: sifat, bentuk, susunan cerita, bahasa, dan unsur-unsur yang ditambahkan pada garis besar cerita. Dengan demikian, berdasarkan analisis struktur, alur cerita lakon Rabine Antasena dapat terungkap melalui kejadian dan peristiwa yang diuraikan. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan. Pertama, dokumentasi wayang kulit lakon Rabine Antasena mencakup dua hal, yaitu transkripsi dan terjemahan. Kedua, hasil analisis struktur naratif Maranda yaitu sinopsis cerita Rabine Antasena dan unsur intrinsik yang meliputi alur, tokoh, tema, dan amanat. Ketiga, fungsi tradisi sedekah bumi yang meliputi: hiburan, kontrol sosial, penyampai amanat, dan pendidikan; serta wayang kulit lakon Rabine Antasena bagi masyarakat pendukungnya yang meliputi system proyeksi, alat pengesahan pranata dan lembaga kebudayaan, pendidikan, dan alat pemaksa agar norma di masyarakat selalu dipatuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.83/17 Rah i
Uncontrolled Keywords: sedekah bumi, Rabine Antasena, sastra lisan, struktur naratif Maranda, dan fungsi.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ELLY RAHELIYAWATI, 121311133069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisna Kumala Satya Dewi, Dr. , M.S.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 01 Jan 2018 17:00
Last Modified: 01 Jan 2018 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65597
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item