HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN KESIAPAN BERCERAI PEREMPUAN PENGAJU GUGATAN PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA SURABAYA

Adianti Handajani, NIM011081814 (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN KESIAPAN BERCERAI PEREMPUAN PENGAJU GUGATAN PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (full text)
Laporan Penelitian dr Adianti H.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan perceraian yang semakin tinggi setiap tahunnya seringkali dipicu konflik perkawinan berkepanjangan tanpa penyelesaian tuntas, dimana 70% terjadi karena gugat cerai istri dengan alasan ketidakharmonisan. Seringkali keputusan bercerai dilakukan tanpa persiapan matang, padahal hal ini berdampak buruk pada kehidupan selanjutnya. Self-compassion berperan dalam menghasilkan suatu ketegasan pilihan yang didukung rasa percaya diri dan ketiadaan ambivalen dalam penentuan keputusan bercerai. Tujuan: Menganalisis hubungan antara self-compassion dengan kesiapan bercerai pada perempuan pengaju gugatan perceraian di Pengadilan Agama Surabaya. Metode: Studi analitik korelasi dengan desain cross sectional menggunakan systematic random sampling dan instrumen penelitian menggunakan Self-Compassion Scale (SCS) untuk menilai self-kindness, self-judgment, common humanity, isolation, mindfulness, over-identification, serta Divorce Readiness Questionnaire (Gregg) dan kuesioner kultur budaya untuk menilai kesiapan bercerai. Hasil Penelitian: Didapatkan 46 subyek penelitian memenuhi kriteria inklusi. Uji Pearson Correlation menyatakan self-compassion tidak berhubungan dengan kesiapan bercerai (p = 0,083, Gregg; dan p = 0,259, kultur budaya), Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara self-compassion dengan kesiapan bercerai. Pemilihan waktu (timing) penelitian dan faktor eksternal (budaya Jawa) lebih kuat mempengaruhi subyek penelitian untuk saat ini, sehingga membuat hubungan tersebut tidak bermakna.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ 03/17 Han h
Uncontrolled Keywords: self-compassion, kesiapan bercerai, domain self-compassion
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
Adianti Handajani, NIM011081814NIM011081814
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGst Ngr Gunadi Sindhu P, Dr.,SpKJ (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:02
Last Modified: 02 Nov 2017 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item