INTIMACY DAN MARITAL SATISFACTION PADA PASANGAN SUAMI–ISTRI PASIEN KANKER SERVIKS YANG BELUM HISTEREKTOMI : SUATU STUDI KUALITATIF

Kamila Adam, NIM010981830 (2017) INTIMACY DAN MARITAL SATISFACTION PADA PASANGAN SUAMI–ISTRI PASIEN KANKER SERVIKS YANG BELUM HISTEREKTOMI : SUATU STUDI KUALITATIF. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (full text)
Laporan Penelitian dr Kamila.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengamati intimacy dan kepuasan pernikahan pasien kanker serviks beserta suaminya untuk menekankan pentingnya perspektif psikososial pada pasien kanker. Metode : Observasional kualitatif, serial kasus, total dan purposive sampling pada penderita kanker serviks stadium 0 sampai 3 berusia 20-50 tahun dan belum diterapi. Dilakukan wawancara in depth, penilaian dengan kuesioner Personal Assessment of Intimacy Scale, adaptasi Revised Dyadic Adjustment Scale dan follow up 3-6 bulan. Subyek direkrut dari Klinik Onkologi Kandungan RSUD Dr. Soetomo pada Januari 2016. Analisis data kualitatif disajikan dalam narasi dan tabel. Hasil : 5 pasangan subyek, rentang usia pasangan 37 – 58 tahun. Satu pasien stadium 3B menyalahkan kanker sebagai penyebab ketidakpuasan pernikahannya. Disrupsi intimacy ditemukan pada 4 pasangan terutama aspek seksual dan rekreasional. Satu pasangan mampu mempertahankan wellbeing sebagai individu maupun pasangan meskipun aktivitas intim aspek tertentu berubah. Faktor-faktor lain yang didiskusikan mencakup aspek budaya, lingkungan, kepribadian, stigma serta persepsi akan kanker dan pernikahan Simpulan : Intimacy yang dimaknai sebagai kedekatan, dalam perkembangannya selama menikah dapat makin memperkuat komitmen, mempengaruhi kepuasan serta pertahanan relasi terutama selama masa sulit, termasuk adanya kanker. Kualitas intimacy berperan pada manajemen stres diantaranya membantu kenyamanan pasien selama adaptasi. Kanker mempengaruhi pasien dan pasangan sehingga lebih baik dikelola sebagai "penyakit pasangan".

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ 05/17 Ada i
Uncontrolled Keywords: intimacy, kanker serviks, pernikahan
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
Kamila Adam, NIM010981830NIM010981830
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMarlina S. Mahajudin, Prof.,Dr.,SpK.I(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:11
Last Modified: 02 Nov 2017 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65623
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item