PENERAPAN METODE HIRARC PADA PEKERJAAN PENGELASAN LEG SUPPORT H-BEAM 150 DI WORKSHOP TIMUR PT. REFINDO INTISELARAS INDONESIA

AL FARUQI LIESTYONO, 151411713038 (2017) PENERAPAN METODE HIRARC PADA PEKERJAAN PENGELASAN LEG SUPPORT H-BEAM 150 DI WORKSHOP TIMUR PT. REFINDO INTISELARAS INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.43 17 Lie p.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.43 17 Lie p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Metode HIRARC adalah metode untuk mengidentifikasi bahaya, menilai risiko, dan mengendalikan risiko dari suatu aktivitas pekerjaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahaya, melakukan penilaian risiko, dan menentukan pengendalian risiko pada pekerjaan pengelasan leg support H – Beam 150 di workshop timur PT. Refindo Intiselaras Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (observasi) yang bersifat cross sectional atau dilakukan dalam periode waktu tertentu. Sasaran penelitian ini adalah pekerjaan pengelasan (welding process) yang ada di perusahaan. Data primer dikumpulkan dengan cara observasi menggunakan lembar job safety analysis serta data sekunder berupa profil perusahaan dan instruksi kerja pekerjaan pengelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahaya yang teridentifikasi adalah squatting dan bending the back, kebisingan, radiasi sinar UV, percikan bunga api (spatter), welding fumes, terkena gerinda, terkena gas cutting, terhirup partikel painting, tertabrak kendaraan, lingkungan kerja yang panas dan lain sebagainya. Penilaian risiko yang dilakukan didapatkan hasil 6 tahapan kegiatan berisiko dengan kategori rendah (low risk), 14 tahapan kegiatan berisiko dengan kategori menengah (moderate risk), dan 1 tahapan kegiatan berisiko dengan kategori tinggi (high risk). Pengendalian risiko yang dilakukan adalah pengendalian teknis (general exhaust ventilation, kipas angin, air minum, dan sekat portable), pendekatan administrative (medical check – up setiap tahun sekali), pendekatan manusia (sertifikasi operator las), penyediaan alat pelindung diri (welding mask, respirator, safety gloves, safety helmet, ear – plug, pelindung kaki, dan safety shoes), dan pengalihan risiko berupa asuransi kesehatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.43/17 Lie p
Uncontrolled Keywords: HIRARC, Pekerjaan pengelasan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
AL FARUQI LIESTYONO, 151411713038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Nov 2017 00:18
Last Modified: 03 Nov 2017 00:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item