LATIHAN KESEIMBANGAN PADA PENDERITA POST AMPUTASI BAWAH LUTUT

MARTINA PUTRI PURNAMASARI, 151410213033 (2017) LATIHAN KESEIMBANGAN PADA PENDERITA POST AMPUTASI BAWAH LUTUT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.33.17 . Pur.l - ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.33.17 . Pur.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (842kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Amputasi anggota gerak bawah adalah tindakan/prosedur membuang sebagian dari satu atau beberapa tulang terhadap anggota gerak bawah manusia. Jenis amputasi berdasarkan tingkat amputasi Anggota gerak bawah (AGB) terdiri dari amputasi transtibial (amputasi bawah lutut), amputasi disartikulasi lutut, amputasi transfemoral (amputasi atas lutut), amputasi disartikulasi panggul, dan hemipelvectomy. Penyebab amputasi pada pasien ini dikarenakan trauma kecelakaan lalu lintas yaitu fraktur yang disertai infeksi sehingga mengakibatkan fraktur non union. Hilangnya anggota gerak bawah mengakibatkan terganggunya fungsi ekstremitas seperti fungsi keseimbangan, propioceptive dan kontrol otot. Maka dari itu program latihan harus diberikan untuk menyiapkan pasien dalam menghadapi perbedaan kondisi tubuh setelah amputasi. Latihan keseimbangan adalah latihan yang ditujukan untuk mempertahankan posisi tubuh, baik dalam keadaan statis atau dinamis. Latihan keseimbangan dilakukan bersama dengan latihan kelincahan dan kecepatan, juga kelenturan. Pada saat keseimbangan statis dapat dilakukan pemeriksaan dengan mengamati kemampuan pasien untuk mempertahankan keseimbangan pada saat diam dalam posisi tertentu yaitu dengan tes romberg. Keseimbangan dinamis untuk mengevaluasi kontrol keseimbangan ketika duduk ke berdiri dengan tes 5xSTS. Prosedur latihan keseimbangan disini telah terbagi menjadi dua fase yaitu fase sebelum menggunakan protesa dan fase sesudah menggunakan protesa.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.33/17 Pur l
Uncontrolled Keywords: Amputasi, anggota gerak bawah, keseimbangan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
MARTINA PUTRI PURNAMASARI, 151410213033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorReni Hendrarati M, dr., Sp.KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorTrissilowati, SST, FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 14:55
Last Modified: 29 Dec 2017 14:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item