LATIHAN PERBAIKAN POSTUR PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH POSTURAL

Sani Kusuma Dewi, 151410213018 (2017) LATIHAN PERBAIKAN POSTUR PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH POSTURAL. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.37.17 . Dew.l - ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.37.17 . Dew.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri punggung bawah adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terletak di batas bawah kosta dan di atas lipatan inferior glutea, dengan atau tanpa nyeri yang menjalar ke tungkai. Penyebab nyeri punggung bawah yang paling sering ditemukan adalah ketegangan otot karena postur tubuh yang tidak tepat. Postur tubuh yang baik membuat tulang menyelaraskan dengan benar, kesejajaran tulang memungkinkan otot, sendi dan ligamen untuk bekerja lebih baik. Gangguan pada sendi, otot, atau jaringan ikat serta gejala tidak nyaman dan rasa sakit dapat menyebabkan postur yang buruk. Postur tubuh yang buruk menyebabkan otot-otot terkunci dalam posisi yang salah. Hal ini menyebabkan tulang belakang akan terbentuk posisi yang buruk dan jika otot - otot punggung bawah tidak pernah dilatih akan mengakibatkan masalah postur, sehingga akan mengalami ketidakseimbangan otot dan berakibat terjadinya nyeri punggung bawah. Postur tubuh yang tepat diperlukan untuk mengoreksi ketidakseimbangan otot yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dengan cara mendistribusikan berat melalui tulang belakang secara merata. Edukasi postur yang baik dalam melakukan aktivitas sehari hari juga sangat berperan penting dalam mencegah terjadinya nyeri punggung bawah. Latihan fisik merupakan suatu proses sistimatis dalam jangka panjang yang mempunyai tujuan. Latihan perbaikan postur diberikan melalui bentuk - bentuk gerakan yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan pasien. Latihan perbaikan postur akan menjadi optimal jika dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.37/17 Dew l
Uncontrolled Keywords: Nyeri punggung bawah, postur, latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Sani Kusuma Dewi, 151410213018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRr. Indrayuni Lukitra W, dr.Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorYulia Trisnawati, SST.FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:00
Last Modified: 29 Dec 2017 15:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item