PENGGUNAAN METODE PNF SLOW REVERSAL PADA PENDERITA OSTEOARTHRITIS LUTUT

Ardhinata Cahya Ramadhan, 151410213006 (2017) PENGGUNAAN METODE PNF SLOW REVERSAL PADA PENDERITA OSTEOARTHRITIS LUTUT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.48.17 . Ram.p - ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.48.17 . Ram.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (952kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoarthritis merupakan kelainan degeneratif sendi yang paling banyak didapatkan di masyarakat, terutama pada usia lanjut. Osteoartritis (OA) merupakan penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilagosendi, dimana terjadi proses degradasi interaktif sendi yang kompleks, terdiri dari proses perbaikan pada kartilago, tulang dan sinovium diikuti komponen sekunder proses inflamasi. Prosesnya tidak hanya mengenai tulang rawan sendi namun juga mengenai seluruh sendi, termasuk tulang subkondral, ligamentum, kapsul dan jaringan sinovial serta jaringan ikat periartikuler. Osteoartritis sendi lutut menyebabkan nyeri, spasme otot, penurunan kekuatan otot, atrofi dan penurunan luas gerak sendi. Salah satu tindakan yang dapat diberikan oleh fisioterapis pada pasien osteoartritis adalah terapi latihan menggunakan PNF Slowreversal. Teknik Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) pada hakikatnya memberikan rangsangan pada proprioseptor untuk meningkatkan kebutuhan dari mekanisme neuromuskular, sehingga diperoleh respon yang mudah. Sistem mekanisme neuromuskular mempersiapkan suatu gerakan dalam memberikan respon terhadap kebutuhan aktivitas. To facilitate berarti membuat mudah dan membuat lebih mudah. Dengan demikian maka neuromuscular fasilitation dapat diartikan sebagai memberikan rangsangan pada proprioseptor untuk meningkatkan kebutuhan dari mekanisme neuromuskular, sehingga diperoleh respon yang mudah proses dimana respon mekanisme neuromuskular dibuat mudah atau lebih mudah.Tujuan pengobatan PNF antara lain untuk : 1).Meningkatkan kontraksi otot, 2). Meningkatkan stabilitas sendi, 3). Meningkatkan daya tahan otot, 4). Meningkatkan tingkat rileksasi. Hasil yang didapat setelah pasien melakukan progam terapi latihan dengan metode PNF Slow reversal sebanyak 5 kali adalah pasien merasakan nyeri yang berkurang, spasme otot berkurang, luas gerak sendi meningkat, serta pemeriksaan fungsional jette yang menunjukkan adanya kemajuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.48/17 Ram p
Uncontrolled Keywords: Osteoarthritis, PNF, Slow reversal
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Ardhinata Cahya Ramadhan, 151410213006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPatricia Maria K, dr., Sp.KFR(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorKajad, SST.FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:14
Last Modified: 29 Dec 2017 15:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item