HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN TINGKAT KELELAHAN TENAGA KERJA AREA FINISHING WORKSHOP 1 PT BARATA INDONESIA GRESIK

SUHAILATUL HIDAYAH, 151411713010 (2017) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN TINGKAT KELELAHAN TENAGA KERJA AREA FINISHING WORKSHOP 1 PT BARATA INDONESIA GRESIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.35 17 Hid h.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.35 17 Hid h.pdf
Restricted to Registered users only until 8 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan kerja bisa menurunkan produktivitas kerja dan merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan kerja. Kelelahan kerja dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun internal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara faktor internal dan faktor eksternal dengan tingkat kelelahan kerja pada area finishing PT Barata Indonesia Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 47 pekerja. Variabel yang diteliti yaitu faktor internal (Kondisi tubuh, umur, masa kerja dan status gizi), dan faktor eksternal (variasi pekerjaan/monotoni, beban kerja berdasarkan denyut nadi dan shift kerja). Teknik pengambilan data kelelahan kerja menggunakan kuesioner 30-item gejala kelelahan umum IFRC (International Fatigue Research Committee of Japanese Association of Industrial Health). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelelahan yang paling banyak dirasakan pekerja yaitu kelelahan ringan (59,6%). Terdapat hubungan antara kondisi tubuh (C=0,483), masa kerja (C=0,492), dan status gizi (C=0,465) dengan kekuatan hubungan sedang. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kelelahan dengan faktor eksternal (variasi pekerjaan, beban kerja dan shift kerja). Saran bagi perusahaan adalah mengadakan latihan fisik kepada tenaga kerja dengan rutin, memberikan perhatian yang lebih terhadap asupan makanan yang dikonsumsi tenaga kerja, dan memberikan edukasi kepada pekerja mengenai pentingnya meminimalkan risiko terjadinya kelelahan kerja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK-2 FV.HKK.35/17 Hid h
Uncontrolled Keywords: Kelelahan, faktor internal, faktor eksternal, pekerja finishing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
SUHAILATUL HIDAYAH, 151411713010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah N., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Nov 2017 22:57
Last Modified: 07 Nov 2017 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item