STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN DI PESANTREN TEBUIRENG

SAYYIDA FARIHATUNNAFSIYAH, 111211133115 (2017) STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN DI PESANTREN TEBUIRENG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.95-17 Far s - Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.95-17 Far s - fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi pembentukan karakter kepemimpinan di Pesantren Tebuireng. Strategi pembentukan karakter kepemimpinan adalah serangkaian aktivitas yang dirancang dan dilakukan mencakup perencanaan, pola, penempatan, dan perspektif serta hubungan timbal baliknya dalam mencapai tujuan pembentukan karakter kepemimpinan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pembentukan karakter kepemimpinan di Pesantren Tebuireng. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen.Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik dengan tipe data driven.Lokasi dalam penelitian ini adalah Pesantren Tebuireng. Partisipan penelitian terdiri dari 8 informan kunci, yakni 4 kepala sekolah unit pendidikan di Pesantren Tebuireng, 1 orang Ketua Diklat Kader, 1 orang Kepala Pondok Putra, 1 orang Pembina,dan 1 orang santri. Penelitian ini menghasilkan 4 tema terkait dengan pembentukan karakter kepemimpinan. Tema pertama adalah standar karakteristik pembentukan karakter kepemimpinan yang merupakan turunan dari visi dan nilai pesantren. Standar didefinisikan sebagai karakteristik kepemimpinan berdasarkan lima nilai dasar Pesantren Tebuireng yakni, jujur, ikhlas, kerja keras, tanggung jawab, dan toleransi. Ketiga tema berikutnya adalah figur, proses, dan lingkungan yang merupakan strategi yang diterapkan di Pesantren Tebuireng.Figur adalah suatu pengaruh dalam membentuk karakter kepemimpinan melalui seorang figur. Proses adalahsuatuserangkaian upaya manajemen yang sistematis atas program-program yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi menghasilkan pemimpin yang berakhlak karimah. Lingkungan adalahsuatu pengaruh pengkondisian lingkungan sedemikian rupa di Pesantren Tebuireng dalam membentuk karakter kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 95-17 Far s
Uncontrolled Keywords: strategi pembentukan karakter, kepemimpinan, pendidikan pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1108.2-1108.7 Religious Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SAYYIDA FARIHATUNNAFSIYAH, 111211133115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan Wahyu Widayat, M.Psi., Psikolog,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:17
Last Modified: 09 Nov 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item