EKSPRESI TRANFORMING GROWTH FACTOR BETA (TGF β)-1 PADA PERITONEUM YANG DIJAHIT DENGAN TANPA DIJAHIT PADA PEMBEDAHAN TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus)

ARIES BUDIANTO (2016) EKSPRESI TRANFORMING GROWTH FACTOR BETA (TGF β)-1 PADA PERITONEUM YANG DIJAHIT DENGAN TANPA DIJAHIT PADA PEMBEDAHAN TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS.IBD. 02-17 Bud e abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.IBD. 02-17 Bud e fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 14 November 2020.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan Ekspresi Transforming Growth Factor Beta (TGF β)-1, sebagai sitokin yang paling berperan pada adesi peritoneal, oleh karena itu untuk menilai terjadinya adesi pada peritoneum yang dijahit dengan tanpa dijahit dengan menggunakan penilaian ekspresi Transforming Growth Factor Beta (TGF β)-1. Metode Penelitian eksperimental denga n rancangan studi randomimized post test only control group design dengan randomisasi, menggunakan 32 tikus wistar, yang dibagi menjadi dua kelompok perlakuan setelah dilakukan laparotomi. Satu kelompok dijahit peritoneumnya dan yang lainnya tidak dijahit. Setelah 14 hari tikus dilakukan relaparotomi, dan dari incisi laparotominya dilakukan pemeriksaan imunohistokimia ekspresi Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1. Hasil dan Diskusi Setelah dilakukan uji statistik independent t test, dengan program : IBM SPSS Statistics 23, didapatkan perbedaan bermakna ekspresi Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1, antara peritoneum yang di jahit dengan yang tidak dijahit (p<0.05). Pada tikus yang dijahit peritoneumnya didapatkan jumlah ekspresi Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1 yang bermakna lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak dijahit. Peritoneum yang dijahit menyebabkan iskemi, sehingga merangsang peningkatan jumlah ekspresi Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1 merupakan faktor utama dalam patofisiologi terjadinya adesi abdomen Kesimpulan Terdapat perbedaan bermakna ekspresi Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1 antara peritoneum yang dijahit dengan yang tidak di jahit yaitu terjadi peningkatan ekspresi Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1 pada peritoneum yang di jahit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IBD. 02-17 Bud e
Uncontrolled Keywords: Tranforming Growth Factor Beta (TGF β)-1, Peritoneum dijahit, Peritoneum tidak dijahit
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
ARIES BUDIANTOUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:42
Last Modified: 14 Nov 2017 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item