MODEL PENINGKATAN RUJUKAN IBU HAMIL TES HIV OLEH KADER KE KLINIK VCT (VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING) PUSKESMAS MELALUI METODE SUPPORT, APPRECIATE, LEARN, AND TRANSFER (SALT)

DESI LUSIANA WARDHANI, 101317087344 (2017) MODEL PENINGKATAN RUJUKAN IBU HAMIL TES HIV OLEH KADER KE KLINIK VCT (VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING) PUSKESMAS MELALUI METODE SUPPORT, APPRECIATE, LEARN, AND TRANSFER (SALT). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI DESI LUSIANA WARDHANI 101317087344.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Infeksi HIV pada ibu hamil dapat mengancam kehidupan ibu serta dapat menularkan virus tersebut kepada bayinya, dimana lebih dari 90 % kasus anak ditularkan melalui proses penularan HIV dari ibu ke anak atau MTCT. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan rujukan kader dengan menggunakan metode SALT (Suport Apreciate Learn and Transfer), dimana strategi yang digunakan adalah strategi komunikasi invatif yang bertujuan untuk mengembangkan respon kreatif masyarakat yang berakar pada kekuaan masyarakat. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen semu, dan rancangan penelitian ini adalah the non equivalent kontrol group, pre test – post test design. Subyek peneitian ini adalah sebagian kader posyandu yang berada di wilayah puskesmas VCT sebanyak 100 orang yang memenuhi kriteria inklusi, di ambil dengan tehnik multistage random sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah rujukan ibu hamil dari kader ke puskesmas dengan layanan VCT, sedangkan variabel independennya adalah pengetahuan HIV, stigma HIV,motivasi dan komitmen. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sudah di uji vaiditas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Man Whitney U Test dan TTest. Hasil dan analisis penelitian : hasil penelitian ini adalah menemukan adanya pengaruh pemberdayaan masyarakat terhadap kader dengan menggunakan metode SALT terhadap peningkatan rujukan ibu hamil tes HIV ke klinik layanan VCT Puskesmas dengan hasil uji signifikasi pemberdayaan kader dengan metode SALT dengan nilai ρ-value (0,000) dan α (0,05) artinya pemberdayaan kader dengan metode SALT terbukti mampu meningkatkan rujukan ibu hamil tes HIV oleh kader ke klinik VCT Puskesmas. Kesimpulan : Pemberdayaan dengan menggunakan metode SALT terbukti mampu meningkatkan pengetahuan HIV kader,menurunkan stigma HIV, meningkatkan motivasi serta komitmen kader dalam melakukan rujukan ibu hamil tes HIV.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 41/17 War m
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan kader, rujukan,ibu hamil test HIV, metode SALT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DESI LUSIANA WARDHANI, 101317087344UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSupriyanto, Prof. Dr. S. ., dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:34
Last Modified: 15 Nov 2017 01:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item