HUBUNGAN EKSPRESI STATUS ESTROGEN RECEPTOR, PROGESTERON RECEPTOR DAN KI67 TERHADAP UKURAN TUMOR PADA FIBROADENOMA PAYUDARA

Kartika Faizatun Na’im, NIM011080714 (2017) HUBUNGAN EKSPRESI STATUS ESTROGEN RECEPTOR, PROGESTERON RECEPTOR DAN KI67 TERHADAP UKURAN TUMOR PADA FIBROADENOMA PAYUDARA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS.IBU.01-17 Na'i h abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.IBU.01-17 Na'i h fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Fibroadenoma merupakan tumor jinak payudara yang paling sering terjadi pada wanita dimasa reproduksi, yang bersifat hormonal dependent. Tumor ini dapat membesar, mengecil ataupun tetap, tergantung perubahan lingkungan hormonal pasien. Walaupun benjolan jinak payudara ini tidak menimbulkan kerugian terhadap physical quality of life, namun hal ini tetap menimbulkan kecemasan (anxiety) bagi wanita yang memiliki fibroadenoma di payudaranya, apakah akan menjadi suatu keganasan, apakah benjolan tersebut dipengaruhi genetik, ataukah dapat tumbuh kembali (recurren) setelah dilakukan prosedur operasi. Tujuan: Mengevalusi hubungan hormonal reseptor yaitu status ekspresi estrogen reseptor dan progesteron reseptor, dan aktivitas proliferatif yang diukur dengan Ki67 pada fibroadenoma payudara, dibandingkan dengan ukuran tumor yang ditunjukkan melalui data USG payudara. Metode:Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif analitik dengan rancangan studi cross sectional, yang dilakukan pada 30 pasien dengan fibroadenoma payudara. Pasien sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan ultrasonography preoperatif untuk mengetahui ukuran tumor. Pasien yang telah menjalani operasi dilakukan pemeriksaan Patologi Anatomi sediaan operasinya dan pemeriksaan ER, PR, dan Ki67. Hasil: Kami mendapatkan tidak ada hubungan yang signifikan antara status hormonal receptor dan indeks proliferatif Ki67 terhadap ukuran tumor. Secara mendalam tidak didapatkan hubungan antara estrogen reseptor dengan ukuran tumor (p=0,666), tidak didapatkan hubungan antara progesteron reseptor dengan ukuran tumor (p=0,575),dan juga tidak didapatkan hubungan antara indeks proliferatif Ki67 dengan ukuran tumor (p=0,575).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IBU.01-17 Na'i h
Uncontrolled Keywords: fibroadenoma, ukuran tumor, ER, PR, Ki67.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Kartika Faizatun Na’im, NIM011080714NIM011080714
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Herman Tanggo, Dr., dr. SpB (K) OnkUNSPECIFIED
Thesis advisorFaroek Hoesin, dr., Sp.PA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Nov 2017 17:55
Last Modified: 15 Nov 2017 17:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item