AKTIVITAS ANALGESIK EKSTRAK ETANOL TERIPANG (Phyllophorus sp.) TERHADAP KADAR KORTISOL DAN GLUKOSA DARAH IKAN MAS (Cyprinus carpio)

MARDIAH RAHMA UMAMI, 091324153006 (2016) AKTIVITAS ANALGESIK EKSTRAK ETANOL TERIPANG (Phyllophorus sp.) TERHADAP KADAR KORTISOL DAN GLUKOSA DARAH IKAN MAS (Cyprinus carpio). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TBPK. 12-17 Uma a ABSTRAK.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TBPK. 12-17 Uma a fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Senyawa bioaktif pada teripang yang dapat menimbulkan efek analgesik adalah triterpen glikosida. Triterpen glikosida merupakan saponin yang biasanya ditemukan pada sebagian besar teripang. Beberapa prosedur secara rutin dilakukan pada bidang budidaya, perikanan, dan penelitian ilmiah seperti kegiatan tagging dan vaksinasi. Kegiatan tersebut dapat menimbulkan rasa sakit jika melibatkan kerusakan jaringan. Pemberian obat analgesik tersebut meminimalisir stres dan kerusakan fisik yang disebabkan oleh kepadatan, penangkapan, handling, serta penelitian pada bidang veteriner. Tingginya konsentrasi plasma kortikosteroid umumnya digunakan sebagai indikator selama rasa sakit berlangsung. Kortisol mengaktifkan proses glikogenolisis dan glukoneogenesis pada ikan. Proses ini meningkatkan kadar glukosa pada ikan. Pemberian ekstrak etanol teripang Phyllophorus sp. dengan dosis 5 mg/50 gr mempengaruhi penurunan kortisol ikan yang telah diinduksi asam asetat pada pengamatan menit ke-30. Pemberian ekstrak etanol teripang Phyllophorus sp.dengan dosis 1 mg/ikan mempengaruhi penurunan glukosa darah ikan yang telah diinduksi asam asetat pada pengamatan menit ke-30. Pemberian ekstrak etanol teripang Phyllophorus sp. dengan dosis 5 mg/50 gr menunjukkan kadar kortisol hampir sama dengan kortisol ikan dengan lidocaine sebagai pembanding obat analgesik pada pengamatan menit ke-30. Kadar glukosa dengan pemberian ekstrak etanol teripang Phyllophorus sp. lebih rendah dibandingkan ikan dengan pemberian lidocaine.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK. 12-17 Uma a
Uncontrolled Keywords: Phyllophorus sp., rasa sakit, kortisol, glukosa darah
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
MARDIAH RAHMA UMAMI, 091324153006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWin Darmanto, Prof., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Nov 2017 23:39
Last Modified: 15 Nov 2017 23:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item