EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA PEKERJA SOSIAL DI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) YANG MENANGANI KASUS ANAK

Agustina Engry, 111414153022 (2017) EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA PEKERJA SOSIAL DI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) YANG MENANGANI KASUS ANAK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Agustina Engry-111414153022.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self management untuk meningkatkan subjective well being pada pekerja sosial di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menangani kasus anak. Penelitian termasuk eksperimen kuasi dengan jumlah subjek tujuh orang pekerja sosial yang berasal dari tiga LSM yang berbeda. Desain penelitian yang digunakan adalah single group pretest posttest design. Alat ukur yang digunakan adalah The Oxford Happiness Questionnaire dari Argyle dan Hills (2001) yang telah diadaptasi ke dalam bahasa indonesia. Analisa data menggunakan teknik Wilcoxon Signed Ranks Test dengan hasil sig 0,075 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor kebahagiaan sebelum dan setelah diberikan pelatihan self management kepada pekerja sosial. Adapun dari pengukuran effect size menghasilkan adanya efektivitas yang sedang dari pelatihan self management dalam meningkatkan subjective well being pekerja sosial yang bekerja di LSM yang menangani kasus anak. Hasil penelitian ini tidak hanya berpedoman pada hasil statistik saja, namun mempertimbangkan hasil proses secara keseluruhan pada setiap subjek penelitian yang tertuang secara deskriptif. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa pelatihan self management efektif untuk meningkatkan subjective well being pada pekerja sosial yang ada di LSM yang menangani kasus anak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 28/17 Eng e
Uncontrolled Keywords: Self management, Subjective well being, Pekerja sosial, Lembaga Swadaya Masyarakat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Agustina Engry, 111414153022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Kurniati Ambarini,, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 18:51
Last Modified: 19 Nov 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item