INDUKSI KALUS Piper retrofractum Vahl. DENGAN PEMBERIAN KOMBINASI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH 2,4-DICHLOROPHENOXY ACETIC ACID (2,4-D) DAN 6-BENZYL AMINO PURINE (BAP)

JAMILATUL AROFAH, 081311433071 (2017) INDUKSI KALUS Piper retrofractum Vahl. DENGAN PEMBERIAN KOMBINASI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH 2,4-DICHLOROPHENOXY ACETIC ACID (2,4-D) DAN 6-BENZYL AMINO PURINE (BAP). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.82.17 . Aro.i - ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.82.17 . Aro.i - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanaman Piper retrofractum Vahl. di Indonesia berpotensi sebagai salah satu tanaman obat untuk menangani masalah infertilitas. Beberapa senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam tanaman Piper retrofractum Vahl. adalah minyak atsiri, alkaloid, piperin, saponin, flavonoid, triterpenoid, steroid serta glikosida. Metabolit sekunder tersebut dapat diisolasi melalui kalus hasil kultur in vitro tanaman. Metode kultur jaringan tanaman untuk menginduksi kalus membutuhkan formulasi media yang tepat untuk mendapatkan hasil optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi konsentrasi zat pengatur tumbuh 2,4-D dan BAP terhadap waktu induksi, persentase, berat basah, berat kering, dan morfologi kalus pada kultur kalus eksplan daun Piper retrofractum Vahl.. eksplan daun Piper retrofractum Vahl. dikultur pada media MS yang ditambahkan zat pengatur tumbuh 2,4-D dan BAP dengan kombinasi konsentrasi 0,0 mg/L, 0,5 mg/L, 1 mg/L, 1,5 mg/L, 2 mg/L. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan metode rancangan acak lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif terdiri atas waktu induksi, persentase, berat basah, berat kering kalus sedangkan data kualitatif diperoleh dari deskripsi morfologi kalus Piper retrofractum Vahl.. Data kuantitatif selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi zat pengatur tumbuh 2,4-D dan BAP yang ditambahkan dalam media kultur berpengaruh terhadap pertumbuhan eksplan daun Piper retrofractum Vahl. baik pada lama waktu induksi, persentase, berat basah dan berat kering kalus. Kombinasi zat pengatur tumbuh 2,4-D 1,0 mg/L dan BAP 1,0 mg/L menunjukkan rerata waktu paling cepat dalam menginduksi kalus yaitu 15 hari setelah tanam. Kombinasi zat pengatur tumbuh 2,4-D 1,0 mg/L dan BAP 2,0 mg/L merupakan kombinasi yang menghasilkan rerata berat basah dan berat kering kalus paling tinggi yaitu 31,20 mg dan 5,92 mg. Morfologi kalus yang paling baik dihasilkan oleh kombinasi zat pengatur tumbuh 2,4-D 1,0 mg/L dan BAP 2,0 mg/L dengan kalus bertekstur remah dan berwarna putih kehijauan pada seluruh bagian tepi dan permukaan eksplan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK MPB 82/17 Aro i
Uncontrolled Keywords: 2,4-D, BAP, induksi kalus, Piper retrofractum Vahl.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
JAMILATUL AROFAH, 081311433071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJunairiah, Dr., S. Si., M. Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorY. Sri Wulan Manuhara, Prof., Dr., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 01 Jan 2018 15:56
Last Modified: 01 Jan 2018 15:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item