PENGARUH CAWTHORNE-COOKSEY EXERCISE TERHADAP RESIKO JATUH PADA LANSIA DI UPT PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA MAGETAN PENELITIAN PRA-EXPERIMENTAL

GILLANG EKA PRASETYA, 131511123035 (2017) PENGARUH CAWTHORNE-COOKSEY EXERCISE TERHADAP RESIKO JATUH PADA LANSIA DI UPT PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA MAGETAN PENELITIAN PRA-EXPERIMENTAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FKP.N.180-17 Pra p abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKP.N.180-17 Pra p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Jatuh pada usia lanjut merupakan isu utama untuk petugas kesehatan di dunia. Morbiditas tertinggi terjadi pada usia lebih dari 65 tahun. Penurunan fungsi sistem vestibular pada lansia mengakibatkan gangguan keseimbangan dan peningkatan resiko jatuh. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis perbedaan skor resiko jatuh, skor keseimbangan, Knee Pess Reflex (KPR), dan Ankle Pess Reflex (APR) sebelum dan sesudah pemberian latihan Cawthorne-Cooksey pada lansia di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Magetan. Metode: Desain penelitian ini pre experiment dengan pendekatan one group pretest-post test, dengan Total Sampling sejumlah 20 orang. Variabel independen adalah latihan Cawthorne-Cooksey, variabel dependen adalah skor resiko jatuh, skor keseimbangan, KPR, dan APR. Pengambilan data menggunakan Berg Balance Scale untuk Resiko jatuh, Performance-Oriented Mobility Assesment untuk keseimbangan, dan pemeriksaan ketuk tendon untuk KPR dan APR. Uji statistik menggunakan paired t-test p<0,05 untuk resiko jatuh, wilcoxon signed rank test p<0,05 untuk variabel Keseimbangan, KPR, dan APR.. Hasil dan Analisa: Terdapat perbedaan skor resiko jatuh nilai p= 0,002 < (0,05), skor keseimbangan nilai p= 0,014 < (0,05), KPR nilai p= 0,025 < (0,05), dan APR nilai p=0,025 < (0,05). Hasil uji statistik tersebut berarti ada pengaruh latihan Cawthorne-Cooksey terhadap resiko jatuh pada lansia. Diskusi: Penelitian ini membuktikan bahwa latihan Cawthorne-Cooksey melatih keseimbangan dan meningkatkan stabilitas postural sehingga mengurangi skor resiko jatuh pada lansia. Diharapkan latihan Cawthorne-Cooksey dapat digunakan sebagai metode alternatif dalam upaya pencegahan jatuh pada pada lansia di panti sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.180-17 Pra p
Uncontrolled Keywords: latihan keseimbangan, resiko jatuh, lansia.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
GILLANG EKA PRASETYA, 131511123035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni Haryanto, Dr., S.Kp., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAndri Setiya Wahyudi, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Nov 2017 21:45
Last Modified: 29 Nov 2017 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67272
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item