PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KULIT ARI BIJI KEDELE DALAM RNASUM KOMERSIAL TERHADAP DAYA CERNA BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PADA AYAM PEDAGING

IKA SOESILOWATI, 068410931 (1991) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KULIT ARI BIJI KEDELE DALAM RNASUM KOMERSIAL TERHADAP DAYA CERNA BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PADA AYAM PEDAGING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KKC KK FKH 525.91 Soe p.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai tingkat pemberian tepung kulit ari biji kedele dalam ranaum komersial terhadap daya cerna bahan kering dan bahan organik pada ayam pedaging. Dalam penelitian inu digunakan 100 ekor ayam: pedaging jantan umur 14 hari strain Arbor Acres. Pada minggu pertama anak ayam diberi ransum komersial dan minggu kedua diberi campuran ransum komersial dan tepung kulit ari ,biji kedele agar ayam beradaptasi. Pada umur 15 hari sampai akhir penelitian (49 hari) diberi ransum perlakuan yang mengandung A (0 persen), B (2,5 persen). C (5 persen) dan D ( 7.5 persen) tepung kulit ari bij i kedele. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan empat perlakuan dan lima ulangan dan diuji dengan Analisis Variansi. Apabila hasil penelitian ini didapatkan perbedaan yang nyata, maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil. Hubungan antara tingkat pemberian tepung kulit ari biji kedele dengan daya cerna bahan kering dan baban organik diuji dengananalisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya cerna bahan kering dan bahan organik semakin menurun dengan semakin meningkatnya persentase pemberian tepung kulit ari biji kedele dalam ransum dan sampai tingkat 7.5 persen masih dapat digunakan sebagai campuran ransum ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkc kk fkh 525.91 soe p
Uncontrolled Keywords: makanan, ternak, ayam
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
IKA SOESILOWATI, 068410931UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYVONNE MAGDALENA I, Drh., SU.UNSPECIFIED
Thesis advisorKUSRININGRUM ROCHIMAN, Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 07 Dec 2017 22:39
Last Modified: 07 Dec 2017 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item