RASIONALITAS INDIVIDU DALAM MENANGGAPI KEBIJAKAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN JALAN MIDDLE EAST RING ROAD (MERR) TAHAP II C DI KECAMATAN GUNUNG ANYAR KELURAHAN GUNUNG ANYAR KOTA SURABAYA

CINDA FELICIA, 071311133054 (2016) RASIONALITAS INDIVIDU DALAM MENANGGAPI KEBIJAKAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN JALAN MIDDLE EAST RING ROAD (MERR) TAHAP II C DI KECAMATAN GUNUNG ANYAR KELURAHAN GUNUNG ANYAR KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 28-17 Fel r Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 28-17 Fel r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rasionalitas individu dalam menanggapi rasionalitas individu dalam menanggapi kebijakan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan Middle East Ring Road (MERR) tahap II c di Kecamatan Gunung Anyar Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya. Kebijakan pengadaan lahan tersebut dipilih dalam penelitian ini karena banyaknya penelitian terdahulu yang memunculkan dan menjelaskan sisi negatif dari kebijakan tersebut. Dan dalam pelaksanannya di Kecamatan Gunung Anyar Kelurahan Gunung Anyar, kebijakan ini banyak mengalami hambatan untuk mengadakan lahan di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan snow ball. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa individu dalam masyarakat Kecamatan Gunung Anyar Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya ini termasuk dalam rasionalitas-bertujuan atau rasionalitas instrumental. Karena masyarakat memiliki tujuan untuk tidak mendatangkan kerugian bagi dirinya sendiri. Dalam hal ini dikarenakan pilihan yang dimiliki masyarakat hanya untuk menyetujui kebijakan tersebut. Hal ini disebabkan kebijakan pengadaan tanah yang tidak diselenggarakan sebagaimana mestinya, yaitu konsultasi publik dan penanganan pengajuan keberatan oleh pemerintah. Individu-individu dalam masyarakat Kecamatan Gunung Anyar Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya dalam menentukan pilihan akhirnya menggunakan rasionalitas-bertujuan atau rasionalitas instrumental, agar menghindari kerugian baik waktu, tenaga dan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.28/17 Fel r
Uncontrolled Keywords: Kebijakan pengadaan tanah, rasionalitas, individu.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
CINDA FELICIA, 071311133054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Feb 2018 18:43
Last Modified: 07 Feb 2018 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item