INOVASI PROGRAM KARTU KELUARGAKU DATA ULANG (KAKEKKU DATANG) DALAM MENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK

YULIA INDARWATI, 07I3III33042 (2016) INOVASI PROGRAM KARTU KELUARGAKU DATA ULANG (KAKEKKU DATANG) DALAM MENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 31-17 Ind i Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 31-17 Ind i Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL SEC.pdf

Download (751kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana inovasi program Keluargaku Data Ulang (Kakekku Datang) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik (Dispendukcapil) dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Menghadapi kompleksitas permasalahan data penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik melakukan inovasi pada bidang layanan kependudukan. Program ini bertujuan untuk pemutakhiran data Kartu Keluarga yang belum melakukan perubahan maupun pencetakan ulang Kartu Keluarganya, hal ini menyebabkan adanya data ganda dan data anomali, selain itu pencatatan akta kelahiran yang masih jauh dari target pencapaian Nasional tahun 20I9. Sistem pendataan ulang yang dilakukan oleh Dispendukcapil menggunakan sistem jemput bola dengan mendatangi masyarakat secara langsung, dan dilakukan secara serentak di I8 kecamatan. pembaruan KK tersebut melibatkan 8.000 pengurus RT/RW serta 365 petugas register desa dan kelurahan di Gresik. Untuk mengetahui inovasi program Kakekku Datang di Dispendukcapil Kabupaten Gresik, peneliti menggunakan kombinasi dari Tipologi, Level, Kategori menurut Muluk dan atribut inovasi menurut Rogers serta Dimensi Kualitas dari Zeithaml. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan wilayah pelayanan program Kakekku Datang di Kabupaten Gresik. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive, yaitu pihak-pihak yang dianggap mengerti dan memahami tentang pelaksanaan program inovasi Kakekku Datang, kemudian karena keadaan di lapangan maka peneliti juga menggunakan teknik snowball. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inovasi program Kakekku Datang yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kabupaten Gresik merupakan suatu perbaikan proses pelayanan kependudukan.. Inovasi program Kakekku Datang ini sudah dapat meningkatkan pelayanan kependudukan dan mewujudkan tertib administrasi dengan mengurangi data ganda dan data anomali di Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.31/17 Ind i
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan, Kualitas pelayanan, Kakekku Datang
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
YULIA INDARWATI, 07I3III33042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Wahyuni Triana, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 14 Dec 2017 18:16
Last Modified: 14 Dec 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item