Dwi Putri Marshela, 071311133076 (2016) Implementasi Layanan e-health di Puskesmas Ngagel Rejo Kota Surabaya dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis AN 36-17 Mar i Abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis AN 36-17 Mar i Sec.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (JURNAL)
JURNAL SEC.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang bagaimana implementasi layanan electronic health (e-health) di Puskesmas Ngagel Rejo Kota Surabaya. Dengan fokus penelitian berdasarkan delapan elemen sukses proyek egovernment yang dikemukakan oleh Indrajit. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara kepada pihak penting dalam proyek e-health dan kepada masyarakat selaku pengguna. Teknik observasi untuk memperoleh data kualitatif, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data valid/gambaran di lapangan dan , derajat kepercayaan pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan e-health di Puskesmas Ngagel Rejo, sudah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa faktor kendala. Hal tersebut diketahui bahwa Puskesmas Ngagel Rejo baru menerapkan Layanan e-health pada pertengahan bulan November 2016. Dengan adanya Layanan e-health sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat khususnya bagi masyarakat yang berda di wilayah kerja Puskesmas Ngagel Rejo yaitu, Ngagel Rejo dan Ngagel. Selain itu, masyarakat juga sangat diuntungkan dengan adanya layanan e-health ini, yang mana masyarakat tidak memerlukan waktu yang lama dalam mendapatkan pelayanan karena dalam nomor antrian yang didapatkan sudah mencantumkan prediksi wakru kedatangan dan masyarakat dapat mengagendakan kedatangan untuk mendapatkan pelayanan di Puskesmas Ngagel Rejo. Walaupun masih banyak masyarakat yang sebagai pengguna layanan e-health belum dapat mendaftarkan dirinya sendiri dengan fasilitas yang telah disediakan oleh Puskesmas Ngagel Rejo, masyarakat selalu bergantung pada petugas untuk mendapatkan nomor antrian online. Oleh sebab itu, masyarakat sebagai pengguna harus lebih maju dan melek teknologi. Selain itu, dari segi sarana dan prasarana maupun pelayanan yang diberikan sangat meningkat dengan adanya penerapan layanan e-health, masyarakat sangat diuntungkan dan merasa puas akan pelayanan yang diberikan dengan adanya layanan e-health di Puskesmas Ngagel Rejo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.AN.36/17 Mar i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, E-Health | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol2 2 | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2017 18:27 | ||||||
Last Modified: | 14 Dec 2017 18:27 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67639 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |