PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF di SMA NEGERI 8 SURABAYA dan SMA NEGERI 10 SURABAYA

ANGGITANINGDYAH ANGESTHI WIDI, 071311133086 (2016) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF di SMA NEGERI 8 SURABAYA dan SMA NEGERI 10 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 40-17 Wid p Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 40-17 Wid p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara seperti yang tertuang dalam pasal 13 UU Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia tak terkecuali juga untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Disahkannya UU Nomor 29 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional bahkan memberikan terobosan tentang bentuk pelayanan pendidikan bagi PDBK berupa penyelenggaraan pendidikan inklusif. Kota Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menaruh perhatian terhadap pendidikan inklusif yang diatur di dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur. Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang sekolah yang mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.Pernyataan tersebut memunculkan ketertarikan penulis untuk mengkaji bagaimana implementasi kebijakan pendidikan inklusif pada SMA Negeri di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksamaam program pendidikan inklusif dan melihat kendala dan hambatan dalam pelaksanaannya. Peneliti berusaha menjawab permasalahan diatas dengan menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori pelaksanaan program dengan melihat 3 pendekatan yaitu kebijakan, sistem dan prosedur, dan sumber daya. Setelah dilakukan analisa dan interpretasi data maka hasil kesimpulan yang didapat bahwa pelaksanaan program pendidikan inklusif di SMA Negeri di Kota Surabaya sudah berjalan sesuai dengan Pedoan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di Jawa Timur. Ada sedikit beberapa kendala dan hambatan antara lain kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya GPK, belum ada dana untuk tambahan insentif GPK, dan orang tua yang tidak pro aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.40/17 Wid p
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Inklusif, SMA Negeri
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ANGGITANINGDYAH ANGESTHI WIDI, 071311133086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyuni Triana, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 23 Jan 2018 17:35
Last Modified: 23 Jan 2018 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item