KETERLIBATAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DALAM KONFLIK MINERAL DI REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO

NUR INAYATI FAUZIYAH, 071311233091 (2017) KETERLIBATAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DALAM KONFLIK MINERAL DI REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.09.17 . Fau.k - ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.09.17 . Fau.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menelaah keterlibatan perusahaan multinasional (MNC) dalam konflik mineral yang terjadi di Republik Demokratik Kongo (RDK). Penelitian ini didasari pada fakta yang menunjukkan bahwa MNC menjadi aktor non-negara yang berperan vital dalam memfasilitasi perdagangan ilegal mineral yang ditambang dari RDK hingga sampai pada pasar internasional. Sikap asertif yang dilakukan oleh MNC terhadap konflik terefleksikan melalui terbentuknya relasi penetrasi yang melibatkan berbagai aktor regional dan internasional seperti pemberian dukungan eksternal kepada kelompok pemberontak melalui suntikan dana ataupun bantuan finansial lainnya. Melalui kerangka berpikir keterkaitan sumber daya alam terhadap durasi konflik; keterkaitan MNC dan konflik; serta mekanisme perdagangan dalam perusahaan, penelitian ini akan menjelaskan peran negatif yang dilakukan oleh MNC sehingga membuat konflik mineral di RDK semakin berlarut-larut. Dengan menggunakan studi pustaka dan analisis data, kesimpulan yang diperolah dalam penelitian eksplanatif ini mendukung hipotesis bahwa keberadaan MNC menyebabkan konflik mineral di RDK semakin berlarut-larut karena MNC membentuk jaringan predasi. Selain itu, sumber daya alam berupa mineral yang dioperasikan oleh MNC berfungsi sebagai input supplier dan bersifat lintas batas serta melalui mekanisme perdagangan dalam perusahaan yang melibatkan banyak aktor. Oleh karena itu, MNC bersikap asertif dalam konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.09/17 Fau k
Uncontrolled Keywords: Multinational Corporations (MNC), Konflik Mineral, Republik Demokratik Kongo, Sikap Asertif, Jaringan Predasi.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
NUR INAYATI FAUZIYAH, 071311233091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra Hennida, S.IP., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:11
Last Modified: 10 Jan 2018 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item