HUBUNGAN LABILITAS/ NEGATIVITAS DAN REGULASI EMOSI DENGAN DERAJAT KESULITAN BELAJAR ANAK ATTENTION DEFICIT AND HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

Hesty Novitasari, NIM011081810 (2017) HUBUNGAN LABILITAS/ NEGATIVITAS DAN REGULASI EMOSI DENGAN DERAJAT KESULITAN BELAJAR ANAK ATTENTION DEFICIT AND HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS.IKJ.13-17 Nov h abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.IKJ.13-17 Nov h fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi ADHD meningkat tajam, anak ADHD umumnya mengalami labilitas/ negativitas emosi buruk, terjadi selama hidupnya. Mereka cenderung menunjukkan emosi lebih tinggi dibandingkan anak normal, karena keterbatasan kapasitas dalam menghambat respon emosional mereka. Dalam bidang akademis, anak dengan ADHD menunjukkan prestasi akademik rendah. Hal ini karena kurangnya perhatian, impulsivitas, ketidakmampuan mengorganisasi aktivitasnya, sehingga sering mengalami kesulitan belajar. Guru dan orangtua sering mengeluhkan emosi anak ADHD, sedangkan teman-temannya cenderung menghindari bergaul dengannya. Hal ini menyebabkan regulasi emosi negatif yang berdampak terhadap proses belajarnya. Tujuan: Mengidentifikasi hubungan labilitas/ negativitas dan regulasi emosi dengan derajat kesulitan belajar anak ADHD di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Studi analitik observasional, desain cross sectional, dengan teknik consecutive sampling. Instrumen penelitian menggunakan Skala Penilaian Perilaku Anak Hiperaktif Indonesia (SPPAHI), Emotion Regulation Checklist (ERC) dan Colorado Learning Difficulties Questionnaire (CLDQ). Hasil: Didapatkan 30 subyek penelitian. Uji analisis statistik menyatakan terdapat hubungan yang bermakna antara subskala labilitas/ negativitas maupun regulasi emosi dengan derajat kesulitan belajar anak ADHD. Terdapat juga hubungan yang bermakna antara subskala labilitas/ negativitas maupun regulasi emosi dengan derajat kesulitan belajar pada domain social cognition dan spatial difficulties. Simpulan: Terdapat hubungan antara subskala labilitas/ negativitas maupun regulasi emosi dengan derajat kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ.13-17 Nov h
Uncontrolled Keywords: ADHD, labilitas/ negativitas, regulasi emosi, kesulitan belajar
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Tropis
Creators:
CreatorsNIM
Hesty Novitasari, NIM011081810NIM011081810
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLestari Basoeki, Prof., dr., SpKJ (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Dec 2017 19:57
Last Modified: 11 Dec 2017 19:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67710
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item