KEBIJAKAN LUAR NEGERI POLANDIA TERHADAP SANKSI EKONOMI UNI EROPA KEPADA RUSIA

VANADA HANINDITA ANJANI, 071211233026 (2017) KEBIJAKAN LUAR NEGERI POLANDIA TERHADAP SANKSI EKONOMI UNI EROPA KEPADA RUSIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.12.17 . Ani.k - ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.12.17 . Ani.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak terjadinya krisis di Ukraina pada tahun 2014, keamanan kawasan Eropa Timur terganggu oleh ancaman Rusia. Sanksi ekonomi telah diterapkan oleh Uni Eropa kepada Rusia. Namun sanksi tersebut tidak membuat Rusia mundur dari kebijakannya menganeksasi Krimea, karena pada tahun yang sama Rusia memberlakukan embargo terhadap produk pangan Uni Eropa dan negara Barat. Embargo tersebut mengakibatkan kerugian pada negara-negara Uni Eropa yang menjalin kerjasama ekspor pangan dengan Rusia. Polandia mengalami kerugian pada sektor agrikulturnya akibat embargo tersebut. Selain itu potongan suplai gas dari Rusia juga turut mengganggu kondisi ekonomi Polandia. Akibat embargo tersebut negara-negara Uni Eropa perlahan menunjukkan adanya pergeseran terhadap dukungan sanksi ekonomi kepada Rusia. Fokus penelitian ini adalah alasan Polandia tetap mendukung sanksi meskipun mengalami kerugian akibat embargo. Dengan melalui kerangka pemikiran yang mencakup alasan negara menerapkan sanksi, regional security complex dan pengaruh keamanan kawasan terhadap ekonomi. Kemudian kerangka tersebut digunakan untuk menguji hipotesis dan membahas hubungan antar variabel dalam penelitian ini mengenai kebijakan Polandia dalam mendukung sanksi ekonomi kepada Rusia didasari tujuan menjaga keamanan Eropa Timur yang mempengaruhi keamanan Polandia, serta dampaknya terhadap kondisi ekonomi Polandia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.12/17 Ani k
Uncontrolled Keywords: Polandia, Rusia, Krisis Ukraina, Eropa Timur, Sanksi Ekonomi, Embargo Rusia, Kebijakan Luar Negeri
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
VANADA HANINDITA ANJANI, 071211233026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyudi Purnomo, M.Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:17
Last Modified: 10 Jan 2018 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item