Permasalahan perbatasan INDONESIA-Malaysia : Kasus Eksodus Warga tiga desa di nunukan

AWANG YUSUF AULIA PUTRAYASHA, 071211233050 (2017) Permasalahan perbatasan INDONESIA-Malaysia : Kasus Eksodus Warga tiga desa di nunukan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.20.17 . Put.p - ABSTRAK.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.20.17 . Put.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan realitas wilayah perbatasan Indonesia, khususnya 3 desa di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara dan potensinya untuk melakukan eksodus ke Malaysia. Potensi eksodus tersebut tidak lepas dari bagaimana masyarakat sekitar mempersepsikan kondisi ekonomi, keamanan, politik dan sosial budaya antara Indonesia dan Malaysia. Persepsi tersebut penting guna memetakan celah-celah yang bisa menjadi perbaikan pemerintahan Indonesia khususnya pada daerah-daerah perbatasan kedepannya, mengingat Indonesia memiliki riwayat konflik panjang terkait perbatasan dengan Malaysia. Terlebih beberapa wilayah di Kalimantan Utara yang berada dalam area Outstanding Boundary Problems (OBP) juga perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah karena sangatlah rentan disusupi oleh kepentingan negara lain. Maka dari itu, penulis melakukan wawancara langsung terhadap masyarakat yang pernah meninggali 3 desa tersebut guna mendapatkan data primer yang lebih mendalam dan akurat. Penulis juga menggunakan teori batas darat, nasionalisme dan push and pull theory sebagai landasan untuk mengolah data, mengambil kesimpulan serta membuktikan hipotesis penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.20/17 Put p
Uncontrolled Keywords: Eksodus, Kabupaten Nunukan, OBP, Push and Pull Theory
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
AWANG YUSUF AULIA PUTRAYASHA, 071211233050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Basis Susilo, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:29
Last Modified: 10 Jan 2018 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item