Rancangan E-Reservation Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Proses Reservasi (Studi Kasus pada Alfafa Healthy Care and Spa)

Frida Fauzia, 041113408 (2013) Rancangan E-Reservation Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Proses Reservasi (Studi Kasus pada Alfafa Healthy Care and Spa). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fauziafrid-28472-5.abstr-k.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Frida Fauzia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagi perusahaan jasa, proses reservasi memegang peranan penting karena merupakan salah satu pintu gerbang pertama bagi calon customer saat akan menggunakan jasa perusahaan. Alfafa Healthy Care and Spa merupakan perusahaan jasa yang memanfaatkan reservasi dalam penjualannya.. Namun sistem reservasi yang berjalan menimbulkan rendahnya produktivitas karyawan. Hal tersebut disebabkan adanya jam-jam kosong tanpa ada reservasi saat jam operasional perusahaan yang menyebabkan selisih yang cukup signifikan antara jam kerja karyawan dan jam operasional perusahaan. Selain itu, perusahaan juga mengalami pembengkakan pada biaya telepon yang digunakan sebagian besar untuk melakukan konfirmasi atas kepastian reservasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif eksploratoris dengan metode penelitian studi kasus. Data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi dari beberapa pihak yang terkait mengenai obyek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah merancang e-reservationyangdiharapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan terutama dalam produktivitas karyawan. Laudon dan Laudon (2008)menerangkan bahwa ecommerce mempunyai kelebihan unik yang dapat mengubah dunia bisnis. Penggunaan teknologi informasi (TI) pada proses bisnis perusahaan diharapkan akan menghasilkan efisiensi pada operasional reservasi sehingga dapat meningkatkan penjualan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 A. 222 / 13 Fau r
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Frida Fauzia, 041113408UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr. rer. pol , Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6776
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item