Strategi The Icelandic Federation of Fishing Vessels Owners (LIU) dalamPembatalan Aksesi Uni Eropa oleh Islandia

IQBAL ANGGRIAWAN, 071211233028 (2017) Strategi The Icelandic Federation of Fishing Vessels Owners (LIU) dalamPembatalan Aksesi Uni Eropa oleh Islandia. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (1). pp. 42-51. ISSN 2302-8777

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.22.17 . Ang.s - JURNAL.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@strategi-the-icela...

Abstract

Dalam perumusan kebijakan luar negeri, pemimpin negara seringkali tidak hanya menjadi aktor tunggal. Banyak terdapat menteri, pejabat, staff ahli hingga kelompok kepentingan yang turut memengaruhi kebijakan luar negeri suatu negara. Penelitian ini berangkat dari adanya perubahan kebijakan terkait dengan aplikasi keanggotaan Uni Eropa oleh Islandia. Keputusan Islandia untuk mengajukan aplikasi keanggotaan Uni Eropa pada tahun 2009 dinilai cukup mengejutkan, karena Islandia sendiri dikenal sebagai negara yang sangat eurosceptism. Terjadinya pergantian atmosfir politik di Islandia pada tahun 2013 menyebabkan aplikasi Uni Eropa tersebut tertahan. Partai Independen (IP) yang dikenal sebagai partai eurosceptism berhasil menduduki kembali mayoritas kursi parlemen Islandia. Di sisi lain, keputusan IP untuk membatalkan aplikasi tersebut ternyata juga sarat akan pengaruh kelompok kepentingan. Adalah The Federation of Icelandic Fishing Vessel Owners (LIU), kelompok kepentingan terbesar di Islandia yang bergerak pada sektor perikanan. Penelitian ini kemudian ingin menelusuri bagaiman strategi LIU dalam memengaruhi perumusan kebijakan luar negeri Islandia terkait pembatalan aplikasi Uni Eropa tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Islandia, Uni Eropa, The Federation of Icelandic Fishing Vessel Owners (LIU), Independent Party (IP), Kelompok Kepentingan, Kebijakan Luar Negeri.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
IQBAL ANGGRIAWAN, 071211233028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Sulistyo, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:36
Last Modified: 10 Jan 2018 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67760
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item