DARI LIBERAL INTERNASIONALIS KE HEGEMONI KOOPERATIF : TRANS-PACIFIC PARTNERSHIP SEBAGAI SHOWCASE PERGESERAN TATA KELOLA HEGEMONI AMERIKA SERIKAT ERA OBAMA

AGASTYA WARDHANA, 071211232003 (2017) DARI LIBERAL INTERNASIONALIS KE HEGEMONI KOOPERATIF : TRANS-PACIFIC PARTNERSHIP SEBAGAI SHOWCASE PERGESERAN TATA KELOLA HEGEMONI AMERIKA SERIKAT ERA OBAMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.35.17 . War.d - ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.35.17 . War.d - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Amerika Serikat merupakan negera hegemoni yang bercorak liberal internaionalisme. Dalam prakteknya, hegemoni liberal internasionalis diwujudkan dalam pemanfaatan insitusi internasional dan perwujudan demokrasi berdasarkan kepemimpinan negara demokrasi liberal dalam konteks ini Amerika Serikat serta melalui perdagangan bebas. Pemerintahan Obama secara khusus mewakili pola terebut. Dalam prakteknya terdapat permasalahan menarik dikarenakan Obama antusias untuk terlibat dalam negosiasi Trans-Pacific Partnership. Oleh karena itu tulisan ini berfokus untuk menjelaskan keterlibatan Obama dalam T Untuk menjelaskan hal tersebut penulis menggunakan pendekatan geoekonomi. Berdasarkan pendekatan tersebut penulis memiliki tesis bahwa Obama antusias terhadap negosiasi Trans-Pacific Partnership(TPP) dikarenakan TPP adalah bagian penting tata kelola hegemoni Amerika Serikat era Obama. Tata kelola hegemoni baru ini muncul sebagai respon khas Obama terhadap keterbatasan pola liberal internasionalis dalam merespon naiknya aktor-aktor lain di kawasan. Tidak saja membutuhkan kehadiran model hegemoni kooperatif, tata kelola baru itu juga membutuhkan keterlibatan kawasan yang lebih kontributif. Sebagai bentuk baru perdagangan bebas, TPP yang disponsori oleh Amerika Serikat di era Obama, memberi peluang bagi pola keterlibatan kawasan yang lebih kontributif tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.35/17 War d
Uncontrolled Keywords: Trans-Pacific Partnership, Amerika, Obama, Pergeseran Tata-Kelola Hegemoni, Hegemoni Kooperatif
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
AGASTYA WARDHANA, 071211232003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoko Susanto, S.IP., Msc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 17:59
Last Modified: 11 Jan 2018 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item