YUNIA DAMAYANTI, 071311233066
(2017)
The Alan Kurdi Effect; Peran Media Sosial dengan Solidaritas Kemanusiaan di Jerman.
Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (3).
pp. 21-30.
ISSN 2302-8777
Abstract
Media sosial merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan di dalam kehidupan masyarakat pada abad ke-21 ini. Berbagai aspek yang terjadi di dunia virtual juga tidak jarang mempengaruhi aspek di dunia nyata, seperti halnya fenomena The Alan Kurdi Effect. Fenomena tersebut muncul beriringan dengan krisis pencari suaka yang terjadi di Eropa, termasuk di negara Jerman. Didasari pada fakta yang menunjukkan bahwa diskusi virtual yang dilakukan oleh masing-masing individu di berbagai media sosial dapat mengarah pada suatu aksi yang nyata di lapangan. Maka, respons dari masyarakat Jerman yang berada di dalam dunia virtual maupun di dunia nyata membentuk suatu aksi suka rela yang terorganisir secara formal maupun non formal. Namun, tantangan yang dihadapi adalah ketika beberapa masyarakat Jerman yang masih terkait dengan Islamophobia dan rasisme. Melalui studi pustaka dan teknik analisis data kualitatif, didapat kesimpulan yang mendukung hipotesis dalam penelitian yakni fenomena The Alan Kurdi Effect yang dapat meningkatkan perkembangan solidaritas kemanusiaan global yang terhubung dalam aspirasi suka rela masyarakat Jerman.
Actions (login required)
|
View Item |