STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM DESTINATION BRANDING KAMPUNG NELAYAN “WARNAWARNI” KENJERAN SURABAYA

Rachmaniza Imma Deviana, 071311533002 (2017) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM DESTINATION BRANDING KAMPUNG NELAYAN “WARNAWARNI” KENJERAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 45-17 Dev s Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 45-17 Dev s sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.PDF

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi humas pemerintah kota Surabaya dalam melakukan destination branding pada kampung nelayan “Warna-warni” Kenjeran Surabaya. Destination branding kampung nelayan “Warna-warni” ini menarik perhatian peneliti karena seiring dengan revitalisasi pantai di Surabaya, pemkot Surabaya akan mengubah wajah perkampungan kumuh di pinggir pantai tanpa menggusur penduduk yang berada di kampung tersebut. Walaupun strategi yang dilakukan humas pemkot Surabaya terhadap program kampung nelayan “Warnawarni” dirasa belum sempurna, namun upaya humas pemkot Surabaya dalam melakukan destination branding kampung nelayan “Warna-warni” menjadi suatu langkah awal bagi kampung nelayan untuk mengubah citra yang terkesan negatif. Teori yang digunakan dalam menganalisis strategi humas pemkot Surabaya dalam melakukan destination branding kampung nelayan “Warna-warni” ini adalah teori strategi public relations yang disampaikan oleh Cutlip, Center, dan Broom, dan menggunakan teori destination branding. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, tipe penelitian deskriptif, serta metode studi kasus. peneliti menggali informasi dengan cara wawancara mendalam kepada Kepala Humas Pemkot Surabaya,Ketua LPMK,Ketua RW 03 Sukolilo Baru, ketua Karang Taruna RW 03, Perwakilan nelayan, dan juga wisatawan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa humas Pemkot Surabaya melakukan kegiatan dalam melakukan destination branding pada kampung nelayan “Warna- Warni” dengan membuat agenda setting, lalu melakukan jumpa pers setiap minggunya dan membuat press release ,mempublikasikan kampung nelayan “Warna- Warni” di sosial media (Twitter,Facebook,Instagram,Youtube) dan website yang dimiliki Humas Pemkot Surabaya. dan yang terakhir humas Pemkot Surabaya melakukan evaluasi dengan perhitungan berita-berita yang naik ke media dan melakukan survey.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.45/17 Dev s
Uncontrolled Keywords: Strategi, humas pemerintah, program pemerintah, destination branding
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rachmaniza Imma Deviana, 071311533002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih Dwi, Dr. D.Dra. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 25 Jan 2018 20:13
Last Modified: 25 Jan 2018 20:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item