KETERLIBATAN TURKI DALAM KONFLIK SURIAH PADA TAHUN 2011-2012

Dwi Suta Mentari Rendra, 071311233034 (2017) KETERLIBATAN TURKI DALAM KONFLIK SURIAH PADA TAHUN 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.73.17 . Ren.k - ABSTRAK.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.73.17 . Ren.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan keterkaitan antara kepentingan Turki intervensi dalam konflik Suriah melalui dukungannya terhadap kelompok oposisi Suriah pada tahun 2012. Penelitian ini didasari pada perubahan sikap Turki yang semula memiliki hubungan yang baik dengan Suriah yang mana diimplementasikan dalam berbagai kerjasama dan perjanjian meliputi free trade agreement, penghapusan visa,hingga kerjasama bilateral yang strategis di bawah payung High Level Strategic Cooperation Council (HLSCC) yang ditandatangani kedua belah pihak pada bulan September 2009. Namun ketika gelombang Arab Spring melanda Suriah, telah menimbulkan terjadinya konflik di Suriah pada tahun 2011, dan telah membawa perubahan dalam dinamika hubungan antara Turki dan Suriah, yang mana Turki meminta penurunan Presiden Bashar Al-Assad untuk meredam terjadinya konflik yang terus berkepanjangan hingga pemberian sanksi dengan menerapkan restriksi atas penggunaan wilayah udara Turki bagi pesawat yang membawa peralatan militer menuju ke Suriah. Sanksi yang diberikan terhadap Suriah akan terus diimplementasikan sampai pemerintahan baru yang sah berkuasa di Suriah. Tetapi rezim Assad tetap berkuasa sehingga perang sipil terus terjadi. Sehingga kemudian akhirnya pada tahun 2012, pihak Turki menyatakan secara resmi dukungannya terhadap kelompok oposisi Suriah. Hal ini terkait dengan kepentingan ekonomi Turki di wilayah Suriah yang di duduki oleh kelompok oposisi Suriah yankni Alepo dan Raqqah. Karena keberadaan konflik terssebut membuat Turki mengalami kerugian ekonomi dalam aktivitas perdagangan dan investasi. Selain itu, Turki memiliki kepentingan politik terkait statusnya yang ingin diakui sebagai wise country atau negara yang bijak dalam kawasan Timur Tengah, sehingga pada saat terjadinya konflik di Suriah, pihak Turki memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.73/17 Ren k
Uncontrolled Keywords: Arab spring, konflik, intervensi, politik, ekonomi, reformasi, demokrasi, Turki, Suriah
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Suta Mentari Rendra, 071311233034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Sulistyo, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 22:27
Last Modified: 11 Jan 2018 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item