STRATEGI DAN POLA KONFLIK PENAMBANGAN PASIR DI SELAT MADURA TAHUN 2006 – 2016

Shinta Dwi Adinda, 071211332056 (2017) STRATEGI DAN POLA KONFLIK PENAMBANGAN PASIR DI SELAT MADURA TAHUN 2006 – 2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 27-17 Adi s Abstrak.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 27-17 Adi s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis P 27-17 Adi s Jurnal.pdf

Download (391kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi dan Pola Konflik Penambangan Pasir di Selat Madura tahun 2006-2016. Penelitian ini merupakan studi ilmu politik yang mengkaji mengenai apa saja kepentingan aktor dalam konflik, bagaimana strategi yang digunakan oleh aktor utama untuk mengatasi konflik, serta bagaimana pola konflik yang terbentuk di dalamnya. Lokasi penelitian terletak di Dusun Nambangan dan Dusun Cumpat, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya. Sebanyak 13 informan dilibatkan dalam penelitian. Penentuan informan menggunakan teknik purposive dan snowball. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara dan observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Konflik Penambangan Pasir di Selat Madura melibatkan dua aktor utama yakni Forum Masyarakat Pesisir Suramadu (FMPS) Kedung Cowek dengan PT. Gora Gahana. Awal munculnya konflik adalah karena aktivitas penambangan yang dilakukan oleh PT. Gora Gahana mendapatkan penolakan dari sebagian warga yang tergabung dalam FMPS Kedung Cowek. Berdasarkan hasil analisis, kepentingan aktor penolak penambangan pada umumnya berupa kepentingan akan kelestarian lingkungan, ekonomi, dan kebutuhan psikologis. Sedangkan, kepentingan aktor pendukung penambangan secara umum berkenaan dengan kepentingan ekonomi, pembangunan dan jabatan prosedural. Startegi yang digunakan oleh aktor utama, yakni FMPS Kedung Cowek ataupun PT. Gora Gahana adalah strategi contending. Mereka menggunakan pendekatan budaya dalam melaksanakan taktik-taktik contendingnya. Pilihan kedua aktor menggunakan strategi contending menyebabkan terbentuknya pola spiral konflik yang diwarnai aksi serang dan balas di antara aktor yang berkonflik. Konflik ini dimenangkan oleh FMPS Kedung Cowek dan menyebabkan PT. Gora Gahana tidak bisa melaksanakan aktivitas penambangan pasir sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.27/17 Adi s
Uncontrolled Keywords: Kepentingan aktor, strategi konflik, pola konflik, FMPS, PT. Gora Gahana, Kedung Cowek.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Shinta Dwi Adinda, 071211332056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAribowo, Drs., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 17:44
Last Modified: 29 Jan 2018 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item