KONFLIK SOSIAL (Studi Pencemaran Limbah B3 Oleh Pabrik Pengolah Limbah B3 PT.PRIA Mojokerto)

ERSA NUARNA PUTRI, 071311333102 (2017) KONFLIK SOSIAL (Studi Pencemaran Limbah B3 Oleh Pabrik Pengolah Limbah B3 PT.PRIA Mojokerto). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 53-17 Put k Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 53-17 Put k sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (873kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konflik sudah menjadi hal yang wajar untuk terjadi. Dimana terdapat suatu perbedaan maka disanalah terdapat konflik. Konflik selalu datang membawa dampak negatif dalam hubungan sosial masyarakat. Dimana selalu ada perpecahan jika konflik tersebut semakin mendalam. Namun berbeda dengan pendapat Louis A. Coser. Menurut Coser konflik tidak hanya menyebabkan dampak negatif saja akan tetapi juga positif. Dampak positif tersebut terdapat dalam kelompok yang berkonflik. Menguatnya solidaritas dalam kelompok yang berkonflik dengan kelompok luar. Dalam penelitian tentang KONFLIK SOSIAL studi Pencemaran Limbah Oleh Pabrik Pengolah Limbah B3 PT. PRIA Mojokerto. Konflik yang terjadi disebabkan oleh pencemaran limbah yang menimbulkan kerugian materiil dan non materiil terhadap warga. Dimana faktor penyebab konflik merupakan adanya kekecewaan atas tuntutan warga yang tidak terpenuhi oleh pihak pabrik. Dalam konflik ini dampak positif yang ditimbulkan akibat adanya konflik yaitu adanya perkumpulan warga lakardowo yang solid menentang pencemaran yang dilakukan oleh PT. PRIA. Dengan perkumpulan tersebut warga kompak mengupayakan segala penyelesaian atas konflik yang sedang terjadi di desa mereka. Pada dasarnya konflik terjadi akibat adanya perbedaan pendapat antara pihak pihak yang terlibat dalam hubungan sosial dengan adanya kecenderungan manusia yang suka mengambil keunungan sendiri. Dengan perbedaan pendapat warga dan pihak pabrik yang sama sama ingin menang tersebut maka konflik tidak berhasil diselesaikan, syarat penyelesaian konflik sendiri adanya perubahan pandangan antara kedua belah pihak yang berkonflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.53/17 Put k
Uncontrolled Keywords: Konflik, Faktor Penyebab Konflik, Penyelesaian Konflik, Disintegrasi.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ERSA NUARNA PUTRI, 071311333102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutrisno, Drs.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 19:05
Last Modified: 29 Jan 2018 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68129
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item