PERUBAHAN KEBIJAKAN RANGKAIAN GREBEG SURO DI PONOROGO DARI PERSPEKTIF ORIENTASI AKTOR

NATAYA ZUHAIRINI FAKHRIZA, 071311333119 (2017) PERUBAHAN KEBIJAKAN RANGKAIAN GREBEG SURO DI PONOROGO DARI PERSPEKTIF ORIENTASI AKTOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 66-17 Fak p Abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 66-17 Fak p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini tentang upaya Pemerintah Ponorogo dalam pengelolaan wisata Grebeg Suro. Mengetahui perubahan rangkaian Grebeg Suro dan orientasi aktor dalam pengambilan keputusan kebijakan rangkaian Grebeg Suro serta sikap Pemerintah, Budayawan, Swasta dan Masyarakat dalam tarik-menarik kepentingan pada Grebeg Suro. Pemerintah mengubah Grebeg Suro menjadi sebuah event bisnis yang kemudian memicu protes dan kekecewaan Budayawan Ponorogo. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Orientasi Aktor dari Long Normam Ann Long dan Zeeuw. Hasil dalam studi ini menunjukkan bahwa Pemerintah sebagai pihak yang memiliki kewenangan yang lebih untuk mengambil keputusan. Sedangkan budayawan memilih untuk tetap menghormati keputusan pemerintah agar tidak menimbulkan konflik dan perpecahan walaupun orientasi kebijakan yang diberikan pemerintah tidak selaras dnegan apa yang diinginkan budayawan. Swasta memberikan penawaran yang lebih menarik dibandingkan para budayawan ini yang kemudian menyebabkan pemerintah menjadi lemah. Ini sebagai bukti bahwa orientasi aktor memihak terhadap kepentingan yang sesuai dengan kepentingan aktor lain yang memiliki kepentingan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.66/17 Fak p
Uncontrolled Keywords: Orientasi Aktor, Kepentingan, Perubahan Kebijakan Rangkaian Grebeg Suro, Swasta, Pemerintah, Budayawan dan Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
NATAYA ZUHAIRINI FAKHRIZA, 071311333119UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Prasetyo, Prof. Dr.Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 19:32
Last Modified: 29 Jan 2018 19:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item