REYNALD WYNALDA PUTRANTO, 071311433003 (2017) Strategi Adaptasi Dalam Menjaga Eksistensi Mikrolet (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Adaptasi Dalam Menghadapi ersaingan Mikrolet Di Kota Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis.S.36.17 . Put.s - ABSTRAK.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis.S.36.17 . Put.s - SEC.pdf Restricted to Registered users only until 18 December 2020. Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.36.17 . Put.s - JURNAL.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan perilaku masyarakat Kota Malang dalam menggunakan sarana transportasi untuk menunjang mobilitas mereka. Seiring berkembangnya jaman menuju ke arah modern membuat segala aspek kehidupan juga mengalami perubahan salah satunya transportasi. Saat ini jumlah kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor berkembang sangat pesat. Sepeda motor dipilih karena lebih efisien, efektif dan dinamis untuk menunjang mobilitas masyarakat. Hal tersebut akan berdampak langsung kepada eksistensi mikrolet di Kota Malang. Merujuk dari latar belakang tersebut maka focus penelitian ini adalah Bagaimana strategi adaptasi yang dilakukan oleh para sopir mikrolet agar mampu menjaga eksistensinya dalam menghadapi persaingan mikrolet di Kota Malang. Untuk menganalisis fenomena ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan dibantu dengan menggunakan Teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Untuk pengumpulan data menggunakan dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan bantuan dari data sekunder yang diperoleh dari internet, buku , dan jurnal-jurnal. Metode pemilihan informan sendiri menggunakan teknik purposive Penentuan informan secara purposive merupakan pengambilan informan secara sengaja namun juga melalui berbagai pertimbangan-perimbangan. Hasil penelitian ini terlihat bahwa strategi yang dilakukan agar tetap menjaga eksistensi mikrolet di Kota Malang adalah dengan Meningkatkan Etos Kerja, Penambahan Waktu Operasional Kerja, dan Mengutamakan Efisiensi dan Efektifitas Kerja. Dampak yang timbul akibat dari strategi tersebut adalah persaingan dalam mendapatkan penumpang yang semakin ketat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.S.36/17 Put s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Mikrolet, Strategi Adaptasi | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol1 1 | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2018 20:50 | ||||||
Last Modified: | 14 Jan 2018 20:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68219 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |