DEBBY INTANSARI, 071311433022 (2017) PEMILIHAN KOSMETIK BERLABEL HALAL (Studi Pada Kalangan Model Hijabers di Kota Surabaya ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis.S.42.17 . Int.p - ABSTRAK.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis.S.42.17 . Int.p - SEC.pdf Restricted to Registered users only until 18 December 2020. Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.42.17 . Int.p - JURNAL.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Semenjak enam tahun belakangan, sesuatu yang berbau halal kian digemari oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Menyadari akan hal itu, para produsen kosmetik berlabel halal dengan giat mempromosikan produk mereka, seperti mensponsori acara model hijabers. Penelitian ini memfokuskan pada orientasi tindakan dari model hijabers di kota Surabaya terhadap pemilihan kosmetik berlabel halal serta makna yang mendasari tindakan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan sosial Max Weber dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah model hijabers yang tergabung dalam Kemayu Beauty Academy dan Hijabers Surabaya Model. Teknik pengambilan informan menggunakan cara purposive. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model hijabers yang tidak berpatokan untuk menggunakan kosmetik berlabel halal termasuk dalam tindakan rasional instrumental memaknai kosmetik berlabel halal sebagai kosmetik yang tidak membuat iritasi, kosmetik yang terhindar dari bahan yang haram dan tidak berbeda dengan kosmetik lain. Model hijabers yang menggunakan kosmetik berlabel halal karena selektif dengan kulit sensitif termasuk dalam tindakan rasional instrumental memaknai kosmetik berlabel halal sebagai salah satu bentuk syariat Islam. Model hijabers yang membeli kosmetik berlabel halal karena voucher diskon termasuk dalam tindakan afeksi karena tidak berniat menggunakan kosmetik berlabel halal memaknai kosmetik berlabel halal sebagai strategi promosi. Model hijabers yang menggunakan kosmetik berlabel halal untuk menjalankan syariat Islam termasuk dalam tindakan rasional berorientasi nilai memaknai kosmetik berlabel halal sebagai kosmetik yang tidak mengandung bahan yang haram dan dapat mempengaruhi amal ibadah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.S.42/17 Int p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Makna, kosmetik berlabel halal, tindakan sosial, model hijabers, syariat Islam | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol1 1 | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2018 21:03 | ||||||
Last Modified: | 14 Jan 2018 21:03 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68233 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |