KONSEKUENSI-KONSEKUENSI MODERNITAS: PERUBAHAN PERILAKU KONSUMSI DAN KONTESTASI TANDA DI DUNIA MAYA PADA KALANGAN PEREMPUAN KANGEAN

Akh. Mardani, 071514753003 (2017) KONSEKUENSI-KONSEKUENSI MODERNITAS: PERUBAHAN PERILAKU KONSUMSI DAN KONTESTASI TANDA DI DUNIA MAYA PADA KALANGAN PEREMPUAN KANGEAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 10-17 Mar k Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 10-17 Mar k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TSO 10-17 Mar k Jurnal.pdf

Download (406kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji mengenai perubahan perilaku konsumsi kalangan perempuan Kangean semenjak masuknya teknologi internet. Kehadiran internet yang menghasilkan dan menciptakan dunia-dunia baru (dunia virtual) melahirkan konsekuensi pada meningkatnya aktifitas konsumsi; guna dipermainkan, dipertarungkan dengan sesama anggota masyarakat baik di dunia nyata maupun dunia virtual (baca: dunia maya). Kajian ini dilakukan di masyarakat Pulau Kangean Kabupaten Sumenep, tepatnya di kecamatan Arjasa dan kecamatan Kangayan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk mencari tahu, mengungkap, menjelaskan dan mendeskripsikan berbagai dinamikan sosial kaitannya dengan perubahan perilaku konsumtif dan dunia virtual (dunia maya). Berkenaan dengan ini, peneliti telah melakukan wawancara mendalam bersama informan sebanyak sepuluh (10) orang informan. Tiga informan terdiri dari pebisnis, tiga orang informan terdiri dari seorang guru dan dua orang bidan,2 orang merupakan mahasiswa Kangean yang seang menempuh pendidikan di luar Kangean, informan terakhir dua orang pelajar tingkat SMA. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konsekuensikonsekuensi modernitas (juggernaut) Giddens, Teori Nilai Tanda Nilai Simbol dan konsep hiperrealitas Baudrillard. Keduanya peneliti tujukan untuk dapat ‘membongkar’ berbagai realitas tersembunyi di balik fenomena perubahan perilaku konsumtif semenjak masuknya teknologi internet di Kangean, meliputi perubahan perilaku dan komoditas yang dikonsumsi, permainan tanda di dunia maya, kontestasitanda di kehidupan sosial dunia nyata maupun dunia maya. Studi ini mendapati temuan, fenomena perubahan perilaku konsumtif masyarakat Kangean terkait dengan perkembangan teknologi internet. Hadirnya internet yang menghasilkan dunia baru (simulakra dunia maya) menjadikan interaksi dapat berlangsung setiap saaat tanpa ada batasan jarak. Dunia maya kini tampil menjadi dunia baru bagi masyarakat Kangean. Dunia maya sebagai sebuah realitas baru menjadi arena mencari, menemukan, membagikan, mempertukarkan, dan mempermainkan tanda-tanda.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.10/17 Mar k
Uncontrolled Keywords: Modernitas, Perilaku Konsumsi, Kontestasi Tanda, Simulakr
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Akh. Mardani, 071514753003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr. . Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorTuti Budi Rahayu, Dr. , Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:25
Last Modified: 19 Feb 2018 16:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item