MUARIFAH ZAHROTUL AHYAT, 071511623005 (2017) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI UNTUK TUGAS AKADEMIK DI KALANGAN MAHASISWA BARU ANGKATAN 2017/2018 UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.64.17 . Ahy.p - ABSTRAK.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.64.17 . Ahy.p - SEC.pdf Restricted to Registered users only until 19 December 2020. Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.64.17 . Ahy.p - JURNAL.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa baru merupakan individu yang baru memulai pendidikannya pada jenjang perguruan tinggi untuk menempuh pendidikan tinggi selama jangka waktu tertentu. Mahasiswa baru dalam menempuh jenjang pendidikannya pada perguruan tinggi pada mulanya akan membutuhkan adaptasi. Perbedaan yang jelas antar jenjang pendidikan ialah sistem pengajaran yang diberikan pada tiap jenjang pendidikan. Tugas yang diberikan pada saat menempuh jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi sangatlah berbeda dengan jenjang pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada jenjang pendidikan Perguruan Tinggi, seorang mahasiswa dituntut untuk melakukan penemuan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan melalui sumber informasi yang kredibel pula. Hal tersebutlah yang belum biasa dilakukan oleh seorang mahasiswa baru dalam mengerjakan tugas akademik yang diberikan oleh dosen atau pengajar. Seorang mahasiswa baru pada awal menempuh jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi perlu beradaptasi dahulu terhadap situasi lingkungan sekitarnya termasuk dalam sistem perkuliahan yang ada di Perguruan Tinggi yang menaunginya. Peneitian ini menggunakan teori dari Carol C. Khulthau yaitu Information Search Process (ISP) yang bertujuan untuk mengetahui perilaku penemuan informasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru dalam mengerjakan tugas akademik mulai dari kebutuhan informasi, sumber informasi yang digunakan hingga pemanfaatan informasi yang diperoleh. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan kondisi ketidakpastian yang dialami oleh mahasiswa baru ketika mendapatkan tugas akademik saat awal mengikuti pembelajaran di Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan perilaku penemuan informasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru dalam mengerjakan tugas akademik. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan teknik Multistage Sampling dengan jumlah respoden sebanyak 100 orang yang dihitung secara proporsonal. Terkait hasil yang didapat menunjukkan bahwa mahasiswa baru pada mulanya akan merasakan bingung dalam menentukan tindakan awal penyelesaian tugas. Kondisi ketidakpastian yang dialami oleh mahasiswa baru akan semakin berkurang pada setiap tahap perilaku penemuan informasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.IIP.64/17 Ahy p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Tugas Akademik, Mahasiswa Baru, Perilaku Penemuan Informasi | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol1 1 | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2018 22:28 | ||||||
Last Modified: | 03 Jul 2019 01:18 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68355 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |