PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PROGRAM PELAYANAN ONE STOP SERVICE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN NGANJUK

Nuri Prihandoko, 071314353007 (2016) PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PROGRAM PELAYANAN ONE STOP SERVICE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN NGANJUK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 09-17 Pri p Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 09-17 Pri p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Pelayanan one stop service adalah pelayanan yang dilakukan pada pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Nganjuk, dimana semua kebutuhanya dilayani petugas yang dimulai sejak tahun 2014. Program ini secara umum mampu menjadikan pelayanan di RSUD Kabupaten Nganjuk memuaskan (baik) ini dapat dilihat dari nilai IKM Bidang Pelayanan RSUD Nganjuk Tahun 2015 yaitu 79,20 yang merupakan kategori baik. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan program pelayanan one stop service berdasarkan standar pelayanan minimal kesehatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah focus group discussion dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model dari Miles dan Huberman . Adapun teknik validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Pelayanan one stop service adalah bentuk dari kebijakan untuk menstandarkan dan meningkatkan mutu dari pelayanan kesehatan. Output dari kinerja program pelayanan One Stop Service dapat dikatakan memenuhi ekspektasi masyarakat (konsumen) dan terjadi peningkatan mutu pelayanan kesehatan dari tahun ke tahun. Program Pelayanan One Stop Service dalam usaha peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diterima oleh setiap warga secara minimal, telah dicapai sebagai hasil dari pembangunan kesehatan, sejalan dengan perbaikan kondisi umum dan perbaikan keadaan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TKP.09/17 Pri p
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Minimal, Kesehatan, One Stop Service
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
Nuri Prihandoko, 071314353007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof.Dr.,Drs.,M.comUNSPECIFIED
Thesis advisorR.Wahyuni Triana, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:57
Last Modified: 19 Feb 2018 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item