PERAN STAKEHOLDER DALAM IMPLEMENTASI RENCANA TATA RUANG WILAYAH DI KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

WAHYU EKO PUJIANTO, 071414353012 (2016) PERAN STAKEHOLDER DALAM IMPLEMENTASI RENCANA TATA RUANG WILAYAH DI KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 11-17 Puj p Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 11-17 Puj p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TKP 11-17 Puj p Jurnal.pdf

Download (486kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi rencana tata ruang wilayah di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo serta peran stakeholder dalam implementasi tata ruang wilayah tersebut. Kecamatan Sedati memiliki potensi pesisir yang dapat dimanfaatkan menjadi lahan potensial terutama untuk pengembangan sektor perikanan. Rencana pembangunan tersebut disusun, agar meminimalisir potensi rawan penyalahgunaan lahan yang justru merugikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini untuk memberikan gambaran secara objektif dan komprehensif tentang implementasi rencana tata ruang wilayah di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara implementasi dengan rencana tata ruang wilayah yang diatur dalam RPJMD Sidoarjo Tahun 2009-2029, dimana penggunaan lahan di Kecamatan Sedati yang seharusnya digunakan total untuk pengembangan perikanan, justru dalam implementasinya dibangun sebagian menjadi kawasan industri dan lahan perumahan; hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) kelompok yang bertindak sebagai stakeholder utama, Selanjutnya, terdapat 4 (empat) stakeholder kunci, Sedangkan dari stakeholder pendukung, terdapat 2 (dua) kelompok; hasil penelitian selanjutnya menjelaskan bahwa peran stakeholder dalam implementasi rencana tata ruang wilayah di Kecamatan Sedati yang memiliki kecenderungan sebagai implementor adalah stakeholder kunci dan interest affected dilakukan oleh stakeholder pendukung terutama pada developer.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TKP.11/17 Puj p
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Rencana Tata Ruang Wilayah, Peran Stakeholder
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU EKO PUJIANTO, 071414353012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAntun Mardiyanta, Dr. , Drs., M.AUNSPECIFIED
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr. S.IP.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:59
Last Modified: 21 Feb 2018 23:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item