PERILAKU PENEMUAN INFORMASI PADA PROFESI PERAWAT (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Pada Perawat RSU Haji Surabaya)

DYAH AYU FITRI P, 071311633093 (2017) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI PADA PROFESI PERAWAT (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Pada Perawat RSU Haji Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.103.17 . Pit.p - ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.103.17 . Pit.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.103.17 . Pit.p - JURNAL.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai model penemuan informasi profesi belum banyak dilakukan pada umumnya yang sudah sering dilakukan adalah penelitian mengenai penemuan informasi mahasiswa dan siswa. Untuk itu penulis tertarik untuk mengambil tema mengenai model perilaku penemuan informasi pada profesi. Profesi yang diteliti adalah yang berprofesi sebagai perawat di RSU Haji Surabaya. Penelitian ini akan membahas tentang model perilaku penemuan informasi di kalangan professional menurut Leckieet.al.(1996) yang menjelaskan enam komponen utamaya ituPeran dan tugas kerja , Karakteristik kebutuhan informasi, Ketersedian Sumber-sumber Informasi, Kesadaran akan informasi, dan Hasil. Metode penelitian ini menggunakan metode Random Sampling, dan menghasilkan total 80 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan tugas pengajaran adalah bahwa perawat sebagai pendidikdan koordinator, dimana peran ini dipengaruhi kebutuhan informasi karakteristik dipengaruhi oleh demografi individu, konteks, frekuensi, prediksi, kepentingan dan kompleksitas. Sumber informasi yang paling sering digunakan adalah riwayat hidup pribadi, internet, diskusi dengan rekan atau para ahli. Kesadaran akan informasi dipengaruhi oleh variable kebiasaan dan keberhasilan; tingkat kepercayaan; ketepatan waktu; biaya; dan kemudahan akses. Hasil akhir dilakukan proses seleksi untuk menghasilkan hasil yang optimal. Apabila hasilnya tidak optimal biasanya dilakukan proses feedback dengan cara mengulangi proses penemuan informasi dengan menggunakan sumber yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.103/17 Pit p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penemuan Informasi, Model Penemuan Informasi Profesional Leckie, Perawat
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DYAH AYU FITRI P, 071311633093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:53
Last Modified: 15 Jan 2018 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item